Tanggapi Antusias Pemilih Muda, Ketua PPLN Kairo: Indikasi Kesadaran Tinggi Mereka akan Nasib Indonesia - Informatika Mesir

Terbaru

Informatika Mesir

Informatika adalah "Informasi Akurat Insan Cendekia". Motto Informatika “Membangun Masa Depan dengan Dialog dan Komunikasi”. Informatika merupakan media yang bersifat informatif, dialogis, komunikatif dan transformatif. Informatika resmi didirikan di Kairo pada tahun 1995. Kantor redaksi Informatika bertempat di Wisma Nusantara 8/006, Wahran Street Rabeah el-Adawea Nasr City Cairo, Egypt.

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Selasa, 16 April 2019

Tanggapi Antusias Pemilih Muda, Ketua PPLN Kairo: Indikasi Kesadaran Tinggi Mereka akan Nasib Indonesia


Suasana Pencoblosan di KBRI Mesir

Kairo, Informatikamesir.com— Segenap Warga Negara Indonesia (WNI) yang berdomisili di kota Kairo telah menyalurkan hak pilihnya dalam kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang diselenggarakan pada hari Sabtu (13/4). Tercatat sekitar 6.200 WNI atau 84% dari total WNI yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) telah berpastisipasi dalam Pemilu tahun ini. Bapak Muhammad Amin Samad selaku Ketua Panitia Pemilu Luar Negri (PPLN) Kairo menilai bahwasanya antusias tinggi yang ditunjukkan oleh para pemilih muda, yang mana mendominasi keseluruhan WNI yang ada di kota Kairo, sangatlah patut untuk diapresiasi. “Kesemangatan para generasi milenial untuk berpartisipasi dalam Pemilu kali ini mengindikasikan kesadaran mereka yang tinggi akan penentuan nasib bangsa Indonesia untuk setidaknya lima tahun ke depan,” ujar Pak Amin Samad. Dalam kontestasi Pemilu ini, para WNI di Kairo berhak untuk berpastisipasi dalam menentukan siapa Presiden dan Wakil Presiden Indonesia serta para staf Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) periode 2019/2024.

Berdasarkan data yang dihimpun dari situs resmi PPLN Kairo, jumlah WNI yang telah masuk dalam DPT dalam pelaksanaan Pemilu di Kairo ini berjumlah 7.671 dengan perincian 5.109 pemilih laki-laki dan 2.562 pemilih perempuan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 4.585 pemilih merupakan para WNI yang berusia rata-rata 21-30 tahun diikuti dengan 2.058 pemilih dengan kisaran usia 20 tahun ke bawah. Sedangkan para pemilih dengan usia 30 tahun ke atas terhitung sebanyak 1.098. Data-data tersebut merupakan hasil dari Rapat Pleno Rekapitulasi yang telah dilaksanakan oleh segenap pihak PPLN Kairo pada 10 Desember 2018 yang lalu. Adapun jumlah TPS yang disediakan oleh pihak PPLN Kairo adalah sebanyak 15 tempat dengan satu Kotak Suara Keliling (KSK) yang dikhususkan bagi para WNI yang berdomisili di luar kota Kairo. Menurut keterangan dari Pak Amin Samad, untuk Surat C6 sendiri telah tersebar sebanyak 85% kepada para calon pemilih, yang mana surat tersebut merupakan salah satu syarat bagi WNI untuk dapat menggunakan hak pilihnya. 

Sebagaimana penyelenggaraan Pemilu lima tahun lalu, seluruh WNI yang berdomisili di Kairo telah dimobilisasi oleh segenap pihak PPLN untuk dapat mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di area kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo. Pak Amin Samad menuturkan, bahwasanya penyediaan transportasi bus antar-jemput yang disediakan oleh pihak PPLN Kairo bagi para WNI ini merupakan bentuk upaya PPLN Kairo dalam membantu para pemilih untuk dapat mendatangi TPS-nya masing-masing sehingga mampu meminimalisir ketidak-ikutsertaan para WNI dalam kontestasi Pemilu tahun ini. “Kami harapkan dengan adanya fasilitas tersebut, para pemilih bisa lebih mendapatkan kemudahan dalam menyalurkan hak pilihnya. Kami sendiri memasang target minimal 75% dari seluruh WNI yang ada di Kairo ini untuk dapat hadir dan berpastisipasi di Pemilu ini,” jelas Pak Amin Samad.

Pak Amin Samad juga menuturkan bahwasanya pelaksanaan Pemilu di kota Kairo ini tidak hanya sebagai tempat untuk menentukan nasib bangsa Indonesia, melainkan juga sebagai tempat untuk bersilaturahim sebagai sesama warga Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah Kairo yang sangat luas. “Dapat kita lihat dari raut wajah para pemilih ini. Mereka datang ke sini (kantor KBRI Kairo) dengan penuh kegembiraan dan suka cita. Seperti halnya saat pelaksanaan silaturahim akbar tahunan yang dilaksanakan di sini setiap musim lebaran Idul Fitri, saya rasa momen seperti ini adalah momen yang sangat penting dan berharga bagi seluruh warga Indonesia di sini,” ujar Pak Amin Samad kepada salah satu kru Informatika.   

Reporter: M Nur Taufiq Alhakim
Editor: Mufida Afiya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here