Kiat Sukses Versi Kang Abik - Informatika Mesir

Terbaru

Informatika Mesir

Informatika adalah "Informasi Akurat Insan Cendekia". Motto Informatika “Membangun Masa Depan dengan Dialog dan Komunikasi”. Informatika merupakan media yang bersifat informatif, dialogis, komunikatif dan transformatif. Informatika resmi didirikan di Kairo pada tahun 1995. Kantor redaksi Informatika bertempat di Wisma Nusantara 8/006, Wahran Street Rabeah el-Adawea Nasr City Cairo, Egypt.

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 31 Januari 2019

Kiat Sukses Versi Kang Abik

Pose foto bersama para peserta beserta Kang Abik seusai Seminar Literasi Azhary untuk Negeri pada Rabu (30/1). 

Kairo, Informatikamesir.com—Bertepatan dengan kunjungan salah satu penulis fenomenal lulusan Azhar, Habiburrahman El Shirazy atau yang biasa disapa dengan Kang Abik, PPMI Mesir kembali hadirkan Seminar Literasi Azhary Untuk Negeri. Acara ini diselenggarakan pada Rabu, 30 Januari 2019 berlangsung di Aula Limas Kemass, Distrik 10 Madinat el-Nashr Kairo Mesir. Acara juga dihadiri langsung oleh Atase Pendidikan KBRI Kairo, Pak Usman Syihab, MA. 150 para peserta terpilih dan pemenang Sayembara Pembacaan Puisi Kang Abik.

Habiburrahman El Shirazy sebagai novelis yang mengambil latar tempat di Mesir dalam salah satu novelnya yang berjudul Ayat Ayat Cinta, menyampaikan bahwa, “Menjadi bagian dari al-Azhar adalah fadhlun minaAllah yang harus disyukuri dan dimanfaatkan semaksimal mungkin.” Juga, disambung penyampaian beberapa tips kesuksesan yang beliau rasakan,  salah satunya adalah memanfaatkan kesempatan. “Because you don’t know it’s your golden moment or not”, ungkap beliau yang pernah menjabat sebagai koordinator bidang Seni Islam ICMI Komisarit Kairo.

Selain itu, beliau juga menceritakan tentang betapa keras perjuangan dan jiddiyah pelajar asing di negara-negara belahan Eropa. “Hal itu merupakan hal yang harus kita contoh dari mereka. Jika sudah kalah jiddiyahnya, maka kita akan cenderung memakai metodologi orang lain. Begitu kalah jiddiyah atau kesungguhan kita, kalah pula karya kita”, tambah beliau.

Terakhir beliau mengatakan, “Ada bermacam-macam cara untuk sukses, tetapi kita percaya bahwa sukses adalah minaAllah. Oleh karenanya, jangan bosan untuk minta ke Allah dan minta doa dari orang-orang shaleh.”

Adapun Seminar kali ini, PPMI Mesir bekerjasama dengan anggota WIHDAH-PPMI Mesir dan FLP (Forum Lingkar Pena) Mesir, bersama-sama berusaha menghadirkan pesan bagi Masisir agar dapat menjadi agen perubahan, yang dibutuhkan negeri dan berani mengambil peran di bidang literasi.

Dalam sambutan di awal acara, Yazid Arif selaku ketua panitia dan Saeful Jihad, Lc. selaku ketua PPMI menyebutkan bahwa, “Dibatasinya peserta seminar kali ini karena terbatasnya penyewaan tempat yang lebih luas, sehingga diputuskan untuk menyeleksi peserta yang hadir.”

Proses seleksi peserta pun dipimpin langsung oleh Yazid Arif yang juga menjabat sebagai ketua FLP Mesir bersama jajarannya. Poin penyeleksian dititik beratkan pada jawaban pendaftar terkait pertanyaan apa yang akan diajukan pada Kang Abik serta motivasi menghadiri acara tersebut. Hal itu diseleksi melalui formulir pendaftaran yang telah disebarkan oleh panitia.

Acara seminar ini berjalan lancar dan dipenuhi antusias para peserta dan diselingi pula pembacaan puisi oleh juara satu dan dua—dalam hal ini Saudari Fikriyatin Hikmah sebagai juara pertama dan saudari Fika Alya juara kedua, dalam Sayembara Membaca Puisi Kang Abik. Dan bisa dilihat unggahan melalui media sosial, Instagram.

Reporter: Nisrina Rana
Editor: Umar Sahri


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Responsive Ads Here