TGB Meraih Penghargaan dari Al-Azhar sebagai Tokoh Pengukuh Moderasi Beragama

TGB Meraih Penghargaan dari Al-Azhar sebagai Tokoh Pengukuh Moderasi Beragama
Wednesday, October 16, 2019
Foto bersama Dr. M. Zainul Majdi, MA. dengan Grand Syekh Al-Azhar Prof. Dr. Ahmed Al-Tayeb. (Sumber: Islam.co)

Informatikamesir.com, Kairo – Universitas Al-Azhar akan memberikan penghargaan kepada salah seorang lulusannya yang bernama Dr. M. Zainul Majdi, MA. atau yang biasa dipanggil Tuan Guru Bajang (TGB). Ia dikenal sebagai salah seorang ulama di Indonesia yang juga menjabat sebagai Ketua Organisasi Internasional Alumni Al-Azhar (OIAA) cabang Indonesia sejak tahun 2017.

Dikutip dari surat edaran resmi dari OIAA Indonesia pada Selasa (15/10/19), TGB akan bertolak ke Mesir pada hari Rabu, (16/10/19) untuk menerima penghargaan dari Pimpinan Tertinggi (Grand Syekh) Al-Azhar, Prof. Dr. Ahmed Al-Tayeb.

Rencananya, penghargaan tersebut akan diberikan pada Kamis, (17/10/19) yang bertempat di Gedung Grand Syekh (Masyikhah), pukul 14:00 waktu Kairo.

Menurut pemaparan dari Dr. Mukhlis M. Hanafi selaku Sekretaris Jenderal OIAA Indonesia, TGB dinilai menonjol dalam mengukuhkan moderasi Islam beragama, nilai-nilai kebangsaan, serta nilai-nilai hidup berdampingan yang rukun dan damai di Indonesia.

Hal tersebut sejalan dengan visi dan misi Al-Azhar yang selama berabad-abad ini telah berupaya untuk menyebarkan “Islam Wasathiy” kepada seluruh elemen masyarakat di dunia.

“Al-Azhar Melihat Indonesia sebagai mitra strategis dalam upaya mengokohkan mederasi beragama dan menangkal fenomena ekstremisme dalam kehidupan beragama di tengah masyarakat Muslim,” ungkap Mukhlis Hanafi dalam Press Release OIAA Indonesia.

Lampiran Press Release OIAA Indonesia pada Selasa (15/10/19) di Jakarta. (Sumber: OIAA Indonesia) 

Sesi penganugrahan penghargaan ini akan dihadiri oleh para petinggi Al-Azhar, diantaranya adalah Deputi Grand Syekh Al-Azhar, Prof. Dr. Shaleh Abbas dan juga segenap jajaran Pengurus Pusat The World Organization of Al-Azhar Graduates (WOAG) Kairo seperti: Dr. Abel Fadhil Al-Qushi (Wakil Ketua WOAG), Dr. Abdel Dayem Nushair (Sekertaris Jenderal dan Penasihat Grand Syekh Al-Azhar), dan Mayjen Osama Yasin (Wakil Sekjen WOAG).

Penganugerahan penghargaan tersebut dinilai akan memberikan pengaruh yang positif dan citra yang baik untuk para alumni Al-Azhar Indonesia dan mahasiwa/i yang masih menimba ilmu pengetahuan di Universitas Al-Azhar.

TGB sendiri telah menempuh pendidikan dasar hingga tingkat SMA di lingkungan Nahdatul Wathan (NW) Pancor, NTB. Gelar S1,S2, dan S3 ia peroleh dari Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Ia pun mengambl jurusan Tafsir dan Ilmu Al-Quran di Fakultas Ushuludin dan memproleh predikat baik sekali ketika menempuh program pascasarjana serta mendapat predikat summa cum laude ketika menempuh jenjang doktoralnya.


Reporter: Wahyudi Hilmy Maulana
Editor: Muh. Nur Taufiq al-Hakim


Open Comment
Close Comment

0 Response to "TGB Meraih Penghargaan dari Al-Azhar sebagai Tokoh Pengukuh Moderasi Beragama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel