Seminar Astronomi Awali Hari Santri

Seminar Astronomi Awali Hari Santri
Sunday, October 13, 2019
Suasana pemaparan materi dalam seminar pengantar Ilmu Falak pada Sabtu (12/10). (Sumber: Dok. Informatika/Alfaridzi)

Informatikamesir.com, Kairo - (12/10) PPMI Mesir dan lima afiliatif lainnya mengadakan Grand Opening Hari Santri 2019 di aula K.H. Ahmad Dahlan Markaz Dakwah Muhammadiyah Mesir, Hay Tasi’, Madinat Nasr. Seminar ilmu falak atau astronomi ini menjadi pionir agenda dari rentetan acara Hari Santri 2019.

Ketua panitia seminar, Miftah al-Faruq menyampaikan pentingnya mempelajari ilmu astronomi yang berkaitan dengan hukum syariat Islam dan dengan mendalaminya memantapkan seorang dai yang akan terjun ke masyarakat nantinya.

”Penting karena itu menyangkut dengan hukum-hukum syariat, karena ketika kita terjun ke masyarakat dan ditanya kapan waktu sholat, arah kiblat, dll dan hal yang berkaitan tentang itu tidak dibahas di bidang ilmu yang lain. Dengan adanya ilmu falak memantapkan kita sebagai seorang dai yang kelak akan terjun ke masyarakat,” ujar mahasiswa asal Riau ini.

Zaki al-Rasyid Lc., Dipl. menyampaikan bahwa seminar ini dilaksanakan agar memberikan interpretasi pada Masisir terutama pada bidang ilmu yang jarang didapat dan diperhatikan.

”Guna seminar ini memberikan interpretasi seminar pada ranah Masisir terutama pada ilmu-ilmu yang jarang didapatkan,” ungkapnya.

Presiden PPMI Mesir, Arief Mughni beranggapan dengan adanya acara-acara seperti ini dapat meningkatkan intelektualitas dan jiwa kemahasiswaan Masisir.

”Rasa terima kasih kami kepada panitia pelaksana acara hari ini khususnya dan acara Hari Santri umumnya karena dengan acara ini menumbuhkan jiwa-jiwa kemahasiswaan kita, karena kita sebagai mahasiswa harus lebih banyak mempelajari kehidupan,” ungkap mantan ketua senat fakultas Ushuluddin ini.

Seminar pengantar ilmu falak menjadi salah satu rentetan pra acara puncak yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Oktober di aula Sholah Kamil. PCI Muhammadiyah Mesir mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah pembukaan Grand Opening ini.

Reporter: Al Faridzi
Editor: Zaenal Mustofa                                                                                                                                                  
Open Comment
Close Comment

0 Response to "Seminar Astronomi Awali Hari Santri "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel