(Revisi) Libatkan 3 Negara Sekaligus, Borneo Cup Menjadi Salah Satu Kompetisi Olahraga Berskala Internasional Untuk Pelajar Wafidin di Mesir

(Revisi) Libatkan 3 Negara Sekaligus, Borneo Cup Menjadi Salah Satu Kompetisi Olahraga Berskala Internasional Untuk Pelajar Wafidin di Mesir
Friday, October 4, 2019
Perfotoan bersama usai penutupan kompetisi olahraga Borneo Cup pada Senin (30/9). (Sumber: Dok. Informatika/Usamah)

Informatikamesir.com, Kairo - Kompetisi Olahraga Borneo Cup atau “Sukan Borneo” telah berlangsung dari Jum'at (25/9). Kompetisi dua tahunan ini merupakan salah satu kompetisi olahraga yang melibatkan tiga negara sekaligus di kalangan pelajar wafidin yang ada di Mesir ini. Ketiga negara tersebut adalah;  Brunei Darussalam, Kalimantan (Indonesia), serta Negeri Sabah dan Serawak (Malaysia).

Atase Pelajaran dan Kebudayaan Brunei Darussalam di Kairo, Ariffin, menyampaikan apresiasinya ketika diwawancarai oleh kru Informatika. Ia mengatakan bahwa event ini memberikan pengalaman yang luas kepada penyelenggara.  Selain itu, silaturahim, ukhuwah, kerjasama dan juga semangat kian terlihat di antara para peserta dari ketiga negara.

“Harapan saya, semoga acara Borneo ini bukan hanya sukan, mungkin boleh dipikirkan di masa akan datang acara-acara lain misalannya bazar, lomba dan sebagainya. Karena kita satu borneo, kita serumpun, bilamana kita telah kuat ukhuwah disini, bila kita pulang ke negeri masing-masing, jalinan tuh masih lagi erat. Itu yang diharapkan, bukannya hanya keakraban tuh sekarang tapi terus berlanjut dimasa akan datang,” ungkapnya.

“Yang terbaik bukanlah yang juara, yang terbaik adalah kita, bersatu kita borneo.” Itulah Motto dan hastag “Sukan Borneo” ketiga yang mana pada tahun ini, para Pelajar Brunei Darussalam bertindak sebagai tuan rumahnya. Adapun kepanitian secara umum tetap melibatkan setiap dari ketiga negara.

Suasana peresmian atas dimulainya kompetisi olahraga Borneo Cup yang dilaksanakan sejak Jum'at (25/9). (Sumber: Dok. Informatika/Zainnur Royyan)

Acara ini pun sudah memasuki puncaknya dan ditutup pada Senin (30/9) di Nasr City Sporting Club, Hay Sadis. Penutupan ini juga sekaligus untuk melaksanakan penganugerahan penghargaan kepada para pemenang dari setiap cabang olahraga yang dilombakan.

Acara penutupan ini dimulai dengan penganugerahan juara 1, 2 dan 3 di cabang olahraga Futsal. Pada posisi ketiga, diraih oleh atlet delegasi Kalimantan setelah berhasil mengalahkan atlet Brunei Darussalam. Sedangkan juara satu diraih oleh atlet delegasi Negeri Serawak setelah berhasil mengalahkan atlet Negeri Sabah.

Selain Futsal, berbagai macam lomba lain juga diselenggarakan dalam “Sukan Borneo” ini, diantaranya; Lomba Bowling, Tenis Meja, Bulu Tangkis, Voli, Net ball dll. Lomba-lomba ini diperuntukkan untuk atlet laki-laki maupun perempuan.

Usamah Zaidi, mahasiswa asal Serawak, juga mengungkapkan respon positifnya atas terselenggarakannya acara ini.

“Ini langkah yang bagus untuk merapatkan ukhuwah sesama borneo. Kalau kita lihat ya tidak ada perkelahian, tidak ada saling balas-membalas” ujarnya.

Ahmad Hamdi, mahasiswa asal Sabah, mengucapkan selamat kepada panitia penyelenggara yang telah berupaya untuk melaksanakan acara ini dengan sangat sukses sehingga bisa menjadi contoh untuk acara-acara yang akan dilaksanakan kedepannya.

“Dengat semangat daripada mahasiswa dan juga sokongannya, Alhamdulillah Borneo Cup dapat dijalankan dengan jayanya lah,” ujarnya.


Reporter: Usamah
Editor: Muh. Nur Taufiq al-Hakim

Open Comment
Close Comment

0 Response to "(Revisi) Libatkan 3 Negara Sekaligus, Borneo Cup Menjadi Salah Satu Kompetisi Olahraga Berskala Internasional Untuk Pelajar Wafidin di Mesir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel