Persentase Perdagangan Indonesia-Mesir Naik 8,44 % pada Juni 2019

Persentase Perdagangan Indonesia-Mesir Naik 8,44 % pada Juni 2019
Thursday, September 26, 2019
Foto bersama Duta Besar Helmy Fauzi dengan jajaran Ashrafco Trade usai peresmian gerai ban Indonesia pertama di Mesir. (Sumber: Dok. Atase Perdagangan KBRI Kairo)

Informatikamesir.com, Kairo - Bagi Indonesia, Mesir merupakan salah satu mitra dagang non-tradisional yang penting nan krusial. Tidak hanya itu, Mesir juga merupakan negara yang teramat potensial untuk menjadi entry point bagi produk-produk Indonesia guna memasuki dinamika perdagangan yang kompleks di benua Afrika.

Sesuai dengan data yang dihimpun dari Syamsu Alam selaku staf Atase Perdagangan KBRI Kairo, volume total perdagangan Mesir dengan Indonesia pada periode Juni 2019 tercatat sebesar USD 669,49 juta atau naik sebesar 8,44 % dibandingkan tahun 2018 yang hanya tercatat sebesar USD 617,37 juta.

Ekspor Indonesia ke Mesir pada periode Juni 2019 pun mencapai USD 602,62 juta atau naik 6,26 persen dibandingkan tahun 2018 yang hanya berkisar USD 567,14  juta. Data-data ini dikuatkan dengan keterangan yang diambil dari Biro Statistik Mesir.

Selain aktivitas ekspor, kenaikan juga tercatat pada sektor impor Indonesia dari Mesir. Pada periode Juni 2019, impor Indonesia dari Mesir telah mencapai angka USD 66,86 juta atau naik 33,11 persen dari tahun 2018 yang mana berhenti di angka USD 50,23 juta.

Syamsu Alam menjelaskan, perekonomian Mesir yang terus berkembang pesat sudah tentu menawarkan potensi besar dalam sektor perdagangan, pariwisata dan investasi. Di tengah kelesuan perekonomian global, Biro Statistik Mesir memberikan laporan pertumbuhan ekonomi Mesir di tahun 2018 yang mana mencapai 5,5 %. Bahkan  analisa World Bank memprediksi, bahwasanya pertumbuhan ekonomi Mesir di tahun 2019 akan mampu mencapai angka 5,9 %.

Proyeksi positif ini jelas merupakan indikasi keberhasilan agenda reformasi ekonomi yang digalakkan Pemerintah Mesir dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini juga ikut memberikan kontribusi besar terhadap perbaikan iklim usaha dalam negeri khususnya dalam meningkatkan aktivitas industri, investasi, ekspor dan impor.

Selain itu, aktivitas perdagangan Mesir saat ini juga telah banyak memberi warna dalam dinamika perdagangan dunia. Sebagai bukti, Mesir telah berada pada peringkat ke-66 pada peta ekspor dunia.  Total ekspor Mesir pada tahun 2018 pun mencapai USD 30 miliar dengan 5008 item produk yang diekspor ke 172 negara.

Perdagangan Mesir ini didukung dengan 74 kesepakatan perdagangan bebas seperti Uni Eropa, Perserikatan Negara-Negara  Amerika Selatan dan Uni Afrika, yang mana dengannya, Mesir mampu menghadirkan produk-produk mereka ke berbagai belahan dunia dengan tanpa bea masuk.

Selain itu sirkulasi produk ekspor-impor juga semakin mudah dengan adanya arus lalu lintas barang dan komoditi yang terdistribusikan lewat 2262 pelabuhan dengan total 3504 pelabuhan internasional.

Program reformasi ekonomi Mesir dengan perdagangan bebas menjadikan pasar Mesir sebagai pasar garda terdepan untuk berinvestasi di kawasan Afrika.

Reporter: Muh. Nur Taufiq al-Hakim
Editor: Zaenal Mustofa


Open Comment
Close Comment

0 Response to "Persentase Perdagangan Indonesia-Mesir Naik 8,44 % pada Juni 2019 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel