Tanggapi Isu Radikalisme Antar Agama, Mantan Rektor al-Azhar: Ukhuwah Wathaniyyah dan Ukhuwah Islamiah Harus Berjalan Berdampingan

Tanggapi Isu Radikalisme Antar Agama, Mantan Rektor al-Azhar: Ukhuwah Wathaniyyah dan Ukhuwah Islamiah Harus Berjalan Berdampingan
Monday, September 9, 2019
Dr. Ibrahim Salah Sayid Sulaiman al-Hudhud berorasi di depan audiens (Dok. OIAA)

Informatikamesir.com, Kairo – Dr. Ibrahim Salah Sayid Sulaiman al-Hudhud mantan Rektor Universitas al-Azhar menuturkan bahwa ikatan persaudaraan yang berbalut keislaman dan nasionalisme, dapat menekan berkembangnya gerakan-gerakan radikal. Hal ini disampaikan dalam seminar yang bertajuk “Mewujudkan Bangsa Tanpa Terorisme” diprakarsai oleh Organisasi Internasional Alumni al-Azhar (OIAA) se-Dunia pada Ahad (8/9) di Aula Markaz Syekh Zayid. Seminar tersebut akan diadakan secara berkelanjutan bagi segenap mahasiswa al-Azhar khususnya non-Mesir.

Sejatinya, para mahasiswa al-Azhar telah dibekali dengan segala pemahaman yang mereka butuhkan untuk dapat menyebarkan risalah perdamaian Islam ke seluruh penjuru dunia.

“Risalah Islam mengajarkan pada kita betapa pentingnya merajut jalinan persaudaraan antar umat beragama. Termasuk di dalamnya adalah penjagaan Ukhuwah Wathaniyyah. Ukhuwah Islamiah berjalan berdampingan dengannya,” jelas anggota penasehat OIAA ini.

Dalam kesempatan yang lain, Grand Syekh al-Azhar, Ahmad Thayyib menjelaskan bahwa tujuan utama pelaksanaan seminar tersebut adalah untuk menumbuhkan kesadaran akan mara bahaya yang dapat ditimbulkan dari maraknya penyebaran gerakan dan pemikiran radikal yang meracuni para pemuda bangsa di segala penjuru dunia.

Seminar tersebut juga disinyalir sebagai bentuk perhatian yang mendalam dari Organisasi Internasional Alumni al-Azhar se-Dunia dalam perannya sebagai penyebar risalah perdamaian Islam sekaligus penangkal segala pemikiran dan gagasan yang mengarah kepada tindak terorisme dan radikalisme.

Reporter: Muh. Nur Taufiq al-Hakim
Editor: Zaenal Mustofa

Open Comment
Close Comment

0 Response to "Tanggapi Isu Radikalisme Antar Agama, Mantan Rektor al-Azhar: Ukhuwah Wathaniyyah dan Ukhuwah Islamiah Harus Berjalan Berdampingan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel