Pelatihan 3 in 1 di KPMJB, Pakar Multimedia Sampaikan Hal ini

Pelatihan 3 in 1 di KPMJB, Pakar Multimedia Sampaikan Hal ini
Tuesday, August 13, 2019

Heriyanto Tolib S., Lc. terlihat menyampaikan materi dengan metode learning by doing (Dok. Informatika)

Informatika News, Kairo - Dewan Pengurus Keluarga Paguyuban Masyarakat Jawa Barat (DP-KPMJB) menggelar pelatihan 3 paket dalam 1 pertemuan berisi Kesekretariatan, Kebendaharaan, dan Database. Pakar Multimedia, Heriyanto Tolib S., Lc. menjadi Trainer di Aula Pasanggrahan KPMJB pada Sabtu (10/8). Pelatihan ini diikuti sebanyak 76 perwakilan dari DP-KPMJB dan berbagai organisasi. Setiap sesi, pemateri memberikan tips dan trik dalam penggunaan setiap aplikasi.

Acara dimulai pukul 11.00 CLT dengan materi Kesekretariatan. Pada sesi ini, Heriyanto Tholib memaparkan dengan gamblang tugas-tugas sekretaris, serta meyampaikan teori-teori dasar. Para peserta kemudian dibimbing untuk membuat mailing merge, pembuatan kolom tanda tangan, dan Google Formulir. Pelatihan berlangsung akrab dan interaktif, serta pertanyaan-pertanyaan peserta dijawab langsung oleh pemateri yang pernah kuliah jurusan Manajemen Informatika ini. 

Sesi kedua dilanjutkan dengan materi Kebendaharaan. Heri merekomendasikan berbagai tips dan trik yang memudahkan para bendahara untuk mencatat keuangan dengan rinci dan baik, sehingga catatan bisa diakses lebih mudah. Pemateri juga menjabarkan poin-poin penting tentang Kebendaharaan seperti tugas-tugas bendahara, hal-hal positif menjadi seorang bendahara, juga hal-hal yang akan menimbulkan masalah keuangan.

Beberapa aplikasi yang direkomendasikan diantaranya, Microsoft Office Excel Keuangan Non Government Organization (NGO) -download disini- beserta Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan dan Aplikasi AKUN.biz – download di sini-.

Materi tentang Microsoft Access dipraktikkan dengan cara membuat kupon undian. Pemateri menyampaikan secara detail dan rinci, tahap demi tahap dalam materi ini kepada peserta. Karena keterbatasan waktu, materi lebih dalam akan dipelajari di pertemuan selanjutnya. “Saya belajar Acces satu semester, kalian hanya tiga jam,” canda Heriyanto Tolib dengan gaya khas Sunda.

Salah satu peserta, Rizqi Uzwatun Fatimah, bendahara Senat Mahasiswa Fakultas Ushuluddin mengaku acara ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan skill dalam pengelolaan data maupun uang.

”Banyak hal baru yang kami pelajari, pastinya semakin menambah keterampilan dalam bidang Kesekretariatan, Kebendaharaan, dan Database,” ujarnya.

Menjelang akhir pelatihan, Heri memberi kejutan bagi para peserta, akan ada pelatihan lanjutan dalam waktu dekat, hal ini pun disambut gembira para peserta.

“Melihat antusiasme dan juga masih banyak ilmu yang ingin saya bagikan kepada kalian, insya Allah dalam waktu dekat saya akan kondisikan dengan panitia untuk kembali menggelar pelatihan ini dengan materi yang berbeda,” ujar Heri.

Pemateri juga memberikan rekomendasi kepada peserta yang hadir, khususnya PPMI Mesir sebagai organisasi induk untuk menyeragamkan tata naskah di Masisir dan menggalakkan gerakan belanja di Aulad Ragab.

Reporter: Inayah Salsabil
                 Hilmi Ghifaria
Editor: Zaenal Mustofa


Open Comment
Close Comment

0 Response to "Pelatihan 3 in 1 di KPMJB, Pakar Multimedia Sampaikan Hal ini "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel