Lomba Kemerdekaan RI, TK ABA Kairo: Tumbuhkan Sikap Nasionalisme

Lomba Kemerdekaan RI, TK ABA Kairo: Tumbuhkan Sikap Nasionalisme
Friday, August 30, 2019
Anak-anak terlihat mengibarkan bendera Merah Putih (Dok. Informatika/Defri)

Informatikamesir.com, Kairo – Taman Kanak-kanak (TK) Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) mendidik putra dan putri Indonesia untuk mengenal negaranya dengan lomba kemerdekaan pada Kamis (29/8) di Taman Lotus, Distrik 7, Madinat Nasr. Acara ini diadakan dalam rangka memperingati  kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. Kepala TK ABA, Saipi, S.Pd. menjelaskan bahwa acara ini tidak hanya sekadar memperingati kemerdekaan, tapi juga untuk menumbuhkan sikap nasionalisme dalam jiwa anak-anak.

“Jadi di sini memang tujuan kita meskipun kita jauh (dari negara sendiri-red) gitu kan, tetap kita itu mengajarkan bagaimana anak itu mengerti sejarah daripada kemerdekaan Indonesia itu sendiri. Jadi kayak memperkenalkan anak itu tentang Indonesia yah melalui momen-momen seperti ini, itu sangat-sangat bisa mengena sekali gitu. Seperti kita buat bendera misalkan, itu secara tidak langsung kita memperkenalkan bahwa bendera Indonesia itu seperti ini gitu,” ungkap Kepala TK ABA Kairo saat diwawancarai kru Informatika.


Lomba makan kerupuk (Dok. Informatika/Defri)

Acara ini diisi dengan lomba-lomba seperti Kumpul Bola, Balap Karung, Makan Kerupuk, Tarik Tambang, Pakai Kemeja untuk anak TK A dan B, dan Pakai Kaus Kaki untuk anak PAUD, serta berakhir dengan acara santai dan makan-makan bersama. Selain peserta dari anak-anak TK dan PAUD ABA, menurut pemaparan Kepala TK ABA, biasanya para alumni-alumni TK-nya ikut memeriahkan. Namun karena tadi mereka sudah asik main ke sana-sini, jadi belum ada momen untuk anak-anak alumni.
Lomba Pakai Kemeja (Dok. Informatika/Defri)

Berdasarkan informasi dari Ainun Jariyah, panitia perwakilan PCIA (Pimpinan Cabang Istimewa Aisyiyah) sekaligus guru di TK tersebut, bahwa acara ini juga dirangkaikan dengan acara bulanan TK ABA, yakni Pekan Sehat yang mereka adakan setiap akhir bulan, di mana anak-anak makan makanan sehat bersama-sama.
Lomba Tarik Tambang (Dok. Informatika/Defri)

Ainun juga menambahkan, “17 Agustus kebetulan bertepatan dengan hari Sabtu, kan. Hari Sabtu itu TK libur, dan juga waktu itu kan mepet sama Idul Adha, jadi pas Idul Adha itu libur, pas kami masuk itu tanggal 18 Agustus. Jadi ngga mungkin anak-anak masuk setelah libur langsung lomba. Jadi harus apa namanya, ada belajar dulu di kelas gitu.”

Reporter: Defri Cahyo Husain
Editor: Zaenal Mustofa

Open Comment
Close Comment

0 Response to "Lomba Kemerdekaan RI, TK ABA Kairo: Tumbuhkan Sikap Nasionalisme"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel