Ledakan Terjadi di El Manial, Semua Aparat Bergerak

Ledakan Terjadi di El Manial, Semua Aparat Bergerak
Thursday, August 8, 2019


Kondisi pascaledakan di daerah El Manial
Sumber: https://www.middleeasteye.net/news/nineteen-dead-car-crash-causes-huge-explosion-outside-cairo-hospital
Informatika News, Kairo - Dilansir dari egyptindependent.com, tidak kurang dari 20 orang tewas dan 47 lainnya luka-luka atas insiden ledakan mobil yang terjadi di depan Institut Kanker Nasional, pada Ahad malam  (4/8). Ledakan ini dipicu oleh tabrakan tiga mobil, dimana salah satunya penuh dengan bahan peledak.

Presiden Abdel Fattah al-Sisi menyatakan belasungkawa kepada rakyat Mesir melalui halaman resmi Facebooknya, “Negara Mesir, dengan semua lembaganya, bertekad untuk menghadapi terorisme brutal ini dan mencabutnya dari akarnya, dipersenjatai  kekuatan dan kemauan orang-orang hebatnya.”

Kantor Kejaksaan Agung mendapat  kesaksian para saksi mata dan menyatakan bahwa 16  mayat siap untuk dimakamkan dan empat lainnya masih dalam proses identifikasi. Kementerian Dalam Negeri Mesir mengatakan dalam sebuah pernyataan pers pada hari Senin, bahwa pemeriksaan teknis awal menunjukkan bahwa mobil yang menyebabkan insiden itu membawa bahan peledak yang meledak akibat tabrakan.

Dikutip dari media dailynewsegypt.com, pada hari Ahad, Kementerian mengatakan bahwa ledakan itu disebabkan ketika sebuah mobil yang mengemudi melawan arah lalu lintas bertabrakan dengan tiga mobil lainnya. Jaksa Agung Nabil Sadik mengumumkan pembukaan penyelidikan atas insiden tersebut.

Lebih lanjut, juru bicara Kementerian Kesehatan Khaled Mogahed mengatakan bahwa yang terluka dipindahkan ke Nasser Institute, rumah sakit Al-Muneera, dan rumah sakit Qasr Al Ainy.

Menurut Kementerian, ada empat kasus serius di unit perawatan intensif di Rumah Sakit Institute Nasser, dari 47 yang terluka, dan sisanya dari cedera berkisar dari patah tulang sederhana hingga sedang, disamping kasus luka bakar dengan berbagai tingkat. Kementerian Kesehatan menekankan bahwa semua pegawai Institut Kanker Nasional aman dan tidak ada kematian atau cedera yang tercatat di antara pasien.

Sekitar 54 pasien akkibat ledakan di Institut Kanker Nasional dievakuasi karena insiden itu, 30 di antaranya, dipindahkan ke Rumah Sakit Institut Nasser, dan sisanya dipindahkan ke Rumah Sakit Dar Al-Salam.
Kondisi depan Rumah Sakit alami kerusakan parah
Sumber: https://www.dailysabah.com/mideast/2019/08/05/19-killed-after-car-crash-sets-off-fire-at-cairo-hospital

Bagian depan rumah sakit mengalami kerusakan parah, dengan pintu masuk yang rusak dan puing-puing berserakan di trotoar. Akibatnya, Perdana Menteri Mesir Mostafa Madbouly mengarahkan Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset Ilmiah Khaled Abdel Ghaffar untuk memulai pemeliharaan langsung Institut Kanker Nasional.

Sehubungan dengan terjadinya ledakan ini KBRI Kairo menghimbau kepada seluruh WNI yang berdomisili di Republik Arab Mesir agar mengambil langkah-langkah antisipasi dan preventif. Berikut ini Imbauan KBRI Kairo


Sumber :
Dailynewsegypt.com
Egyptindependent.com

Alih Bahasa: Nur Ikma Chasanah
Editor: Zaenal Mustofa



Open Comment
Close Comment

0 Response to "Ledakan Terjadi di El Manial, Semua Aparat Bergerak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel