IKPM Kairo Sambut Idul Adha dengan Seminar

IKPM Kairo Sambut Idul Adha dengan Seminar
Wednesday, August 7, 2019

Ustadz Muhammad Arief  Fuad Asshofi, Lc. saat memberikan materi tentang kurban

Informatika News, Kairo – Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) cabang Kairo adakan Seminar Kurban untuk menyambut datangnya hari raya Idul Adha. Faizal, ketua panitia kurban mengatakan bahwa seminar ini merupakan agenda tahunan IKPM cabang Kairo. Karena hal itu, Seminar Kurban kembali digelar di aula sekretariat IKPM cabang Kairo pada Selasa (6/8) Pukul 12.00 CLT.

Tahun ini ada 20 kambing yang akan disembelih oleh IKPM. Tahun sebelumnya ada 10 kambing dan satu sapi yang disembelih oleh IKPM Kairo sebagai hewan kurban. Faizal menjelaskan tentang distribusi daging kurban.

“Daging dari hewan kurban ini akan di alokasikan utamanya kepada teman-teman almamater dan senior-senior IKPM terlebih dahulu, setelah merata seluruhnya dan apabila ada lebihnya barulah kita alokasikan kepada tetangga-tetangga sekitar,” sambung Faizal  selaku ketua panitia kurban.

Pemateri Seminar Kurban, ustadz Muhammad Arief  Fuad Asshofi, Lc. mengatakan bahwa seminar ini sangat penting sekali dilaksanakan terutama oleh Masisir. Menurutnya sangat penting mengetahui hukum sah atau tidaknya, halal atau haramnya. Jika tidak memahami hal tersebut, maka bisa kacau ibadah kurbannya, uang terhambur begitu saja tapi ibadah kurbannya rusak.

“Sangat penting sekali seminar ini diadakan, masalahnya sebagian Masisir seperti IKPM acara tahunanya adalah melakukan kurban, melakukan penyembelihan, dan distribusi daging sendiri. Yang mana kurban itu adalah ibadah, yang mana ibadah itu kita harus mengetahui bagaimana ibadah kita sah, mengenai ibadah itu diterima atau tidak itu urusan yang lain, yang penting sah saja dulu ibadahnya,” ujar ustadz yang juga mahasiswa S2 al-Azhar fakultas Syariah jurusan Fiqh ‘Amm ini.

“Terlebih di kitab Ta’lim Muta’allim itu dikatakan bahwa sebaik-baiknya ilmu adalah ilmu hal, yakni ilmu yang berkaitan dengan keadaaan atau kegiatan yang akan kita lakukan. Kita akan melakukan kurban, maka harus tahu hukum-hukum kurban, begitu juga ketika akan melaksanakan haji dan sebagainya, supaya ibadah kita itu sah dan itu penting,” tambahnya.

Pemateri juga berharap bahwa tokoh-tokoh agama di daerah masing-masing dapat membimbing dan mengarahkan orang-orang yang berkurban maupun panitia-panitia kurban supaya tidak terjadi kesalahan-kesalahan dalam pelaksanaan ibadah kurban. Maka dari itu, seminar-seminar yang seperti ini penting diadakan setiap tahun, bukan hanya di tempat-tempat tertentu, tapi juga di semua masjid.

Foto bersama usai selesai seminar

Hal tersebut juga yang mendasari IKPM Kairo mengadakan seminar ini setiap tahunnya. Kedepannya kita akan adakan seminar-seminar seperti ini untuk agenda-agenda lainnya juga agar apa-apa yang kita lakukan, kita sudah tahu langkah-langkahnya seperti apa,” ujar Adam Huda Haqiqi selaku ketua almamater IKPM Kairo.

“Untuk sekarang mungkin kami belum siap untuk mengadakan seminar terbuka yang lebih besar dan bekerja sama bersama PPMI Mesir dan instansi-instansi lain,” tambah ketua IKPM Kairo saat diwawancarai di aula sekretariat IKPM Kairo.

Reporter: Refi Sutrisna
Editor: Zaenal Mustofa

Open Comment
Close Comment

0 Response to "IKPM Kairo Sambut Idul Adha dengan Seminar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel