HUT ke 74 RI, Helmy Fauzi ingatkan Pancasila adalah Nikmat Besar

HUT ke 74 RI, Helmy Fauzi ingatkan Pancasila adalah Nikmat Besar
Tuesday, August 20, 2019

Foto bersama seluruh elemen usai pengibaran bendera Merah Putih (Dok. Informatika/Pahlawan)

Kairo, Informatikamesir.com- Pasca rangkaian acara upacara bendera merah putih di halaman KBRI Kairo, Bpk. Helmy Fauzi selaku Duta Besar KBRI Kairo mengingatkan para hadirin pada sambutannya bahwa pancasila adalah nikmat yang besar.

Founding fathers kita telah mencapai apa yang disebut dengan konsensus nasional, apa yang menjadi dasar negara kita yakni Pancasila. Jadi, Pancasila adalah nikmat besar yang diberikan yang mana  tidak terlepas dari kesepakatan kita ketika founding fathers kita membentuk negara kesatuan Republik Indonesia.” Ujar Duta Besar RI di Mesir ini.

Dalam kesempatan tersebut, beliau juga mengajak masyarakat Indonesia di Mesir untuk bekerja sama demi mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, terampil dan berdaya saing.

“Bapak dan ibu yang saya hormati, sesuai dengan tema pemerintah pusat yaitu SDM Unggul Indonesia Maju, KBRI Kairo mengharapkan kerja sama seluruh masyarakat Indonesia yang berada di Mesir ini untuk mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul, terampil dan berdaya saing sehingga dapat membawa Indonesia menjadi negara maju.”tutur pria kelahiran Balikpapan ini.

Beliau juga menyampaikan bahwa warga Indonesia tidak cukup dengan pintar saja tapi juga butuh karakter yang kuat dan akhlak yang mulia.

"Namun, mengasah kepintaran dan keahlian saja tidak cukup, manusia Indonesia harus memiliki karakter yang kuat dan akhlak yang mulia, agar tidak mudah patah, tidak mudah menyerah, terus optimis dalam meraih cita-cita dan prestasi. Karena itu, meskipun kita sekarang berada di diaspora jauh dari tanah air tapi saya meminta khususnya adik-adik untuk mempertahankan jati diri kita sebagai bangsa Indonesia” kata alumnus Universitas Padjajaran ini.

Beliau juga menambahkan bahwa tidak ada bangsa yang maju atau bisa lepas landas menjadi bangsa yang besar kalau bangsa tersebut tidak punya jati diri dan terombang-ambing oleh krisis identitas.

Pada acara tersebut beliau tidak lupa berterimakasih kepada seluruh petugas upacara yang telah terlibat dalam sukesnya pelaksanaan pengibaran bendera merah putih di halaman KBRI Kairo.

Terakhir,  beliau berpesan kepada seluruh pelajar Indonesia di Mesir untuk selalu  bermimpi besar demi memajukan bangsa dan negara.

“Teruntuk semua anak-anak kami pelajar Indonesia di Mesir, teruslah bermimpi besar tentang bangsa dan negara ini. Belajar dan berbaktilah pada negerimu karena di pundak kalianlah akan kami titipkan estafet kepemimpinan bangsa dan negara,” pungkasnya.

Reporter: Adi Surya Pahlawan
Editor: Muh. Nur Taufiq al-Hakim

Open Comment
Close Comment

0 Response to "HUT ke 74 RI, Helmy Fauzi ingatkan Pancasila adalah Nikmat Besar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel