GETAR Vol. XII Adaptasikan Dakwah Wali Sanga dalam Drama

GETAR Vol. XII Adaptasikan Dakwah Wali Sanga dalam Drama
Tuesday, August 13, 2019
Duta Besar LBBP KBRI Kairo, Helmy Fauzi membuka acara secara simbolis dengan menabuh beduk. (Dok. Informatika)

Informatika News, Kairo - Agenda tahunan Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Kairo dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha, Gema Takbir Akbar (GETAR) kembali diselenggarakan untuk kedua belas kalinya pada Sabtu malam (10/8) bertempat di Aula American Future, Nasr City. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, GETAR tahun ini diawali dengan penampilan seni budaya nusantara yang dikemas dalam drama bertemakan masuknya Islam di Indonesia oleh Wali Sanga.

“Tujuan utamanya untuk syiar. Tema utama kita Wali Sanga, karena tidak memungkinkan kita menceritakan tentang masuknya Islam di Indonesia keseluruhan. Kalau sebelumnya kita cuma mempersembahkan takbiran, tahun ini kita jelaskan dari mana takbiran itu ada di Indonesia; dari Wali Sanga yang mendakwahkan Islam di Indonesia,” kata Habib Maulana Syarif, penanggung jawab drama acara GETAR.

Habib juga menjelaskan bahwa untuk mengadaptasikan dakwah Wali Sanga yang disebarkan melalui budaya, dalam drama ini ditampilkan pula unsur-unsur seni budaya Indonesia seperti tari Kecak, Wayang, lagu daerah Lir Ilir, dll.

Dalam sambutannya, Duta Besar (Dubes) Helmy Fauzi menyampaikan bahwa acara Gema Takbir Akbar yang telah berjalan menjadi rutinitas tahunan sejak 12 tahun silam banyak memberi nilai positif dalam mengenalkan seni dan budaya Indonesia. Melalui GETAR, budaya Indonesia kian luas dikenal dunia. 

“Gema Takbir Akbar ini acara spektakuker yang disajikan oleh Masisir, dirangkai dengan begitu cantik, menampilkan ragam seni dan budaya Indonesia kepada dunia, kami ucapkan selamat dan sukses kepada seluruh yang terlibat, karena kalian benar-benar aset berharga Indonesia, dengan ini seni dan budaya Indonesia kian dikenal dunia,” ujar Dubes. 

Nampak hadir bersama Dubes RI untuk Mesir, Wakil Dubes Aji Surya, dan ATDIKBUD KBRI Dr. Usman Syihab, M.A. 

Presiden Persatuan Pelajar Pakistan di Mesir Faheem Ullah turut mengutarakan kesannya pada Gema Takbir Akbar Vol. XII. Bagi mereka, mahasiswa Indonesia di Mesir selalu mampu menghadirkan acara yang asyik dan sarat budaya, oleh karenanya mereka turut berpartisipasi dalam Getar Vol. XII tahun ini.

“Gema Takbir Akbar selalu menjadi acara yang ditunggu para wafidin di Mesir, karena mahasiswa Indonesia di Mesir selalu berhasil memberikan acara yang sangat berkesan bagi kami, maka kami pun turut berpartisipasi meramaikan Getar Vol. XII, dengan ini kami mampu belajar banyak bagaimana menata acara dengan baik.” Ucap Faheem Ullah yang hadir bersama belasan Mahasiswa Pakistan.

Reporter: M. Zainur Royyan
                 Fandi Pradana
Editor: Zaenal Mustofa

Open Comment
Close Comment

0 Response to "GETAR Vol. XII Adaptasikan Dakwah Wali Sanga dalam Drama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel