Bertemu Alumni Gontor di Mesir, Iwa Mulyana: Kita Akan Memperkenalkan Pelayanan Online

Bertemu Alumni Gontor di Mesir, Iwa Mulyana: Kita Akan Memperkenalkan Pelayanan Online
Tuesday, August 13, 2019
Iwa Mulyana, SH., L.LM. memaparkan konsep pelayanan online kepada audiensi (Dok. Informatika/Zen)

Informatika News, Kairo – Iwa Mulyana, SH., L.LM. selaku Minister Counsellor yang baru bertugas di KBRI Kairo menyampaikan pihaknya akan memberikan pelayanan online pertama di KBRI Kairo. Hal ini disampaikan saat mengisi sambutan di acara Open House Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Kairo pada Senin malam (12/8) di Aula Griya Jawa Tengah. KBRI Kairo akan menjadi kedutaan pertama yang memberikan pelayanan online.

“Saya mendapatkan tugas khusus dari Pakde (Aji Surya-red), maksudnya dari KBRI cuman melalui Pakde, yaitu untuk mempromosikan dan mengembangkan yang namanya pelayanan online. Nah sekarang kita akan memperkenalkan, dan insya Allah ini yang pertama kali, kalau berhasil KBRI Kairo yang pertama kali memberikan pelayanan online,” ungkap Iwa Mulyana, alumni American University Washington College of Law.

Pelayanan online ini berbentuk aplikasi yang dapat di download. Segala bentuk pengajuan berkas dan berbagai jenis pelayanan Konsuler mulai dari penerbitan paspor, SPLP, pencatatan juga pengeluaran surat-surat keterangan organisasi dan lain sebagainya berbasis daring. Selama ini semua Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Mesir datang ke kantor Konsuler secara fisik bertemu dengan para petugas Konsuler KBRI Kairo.

“Nanti juga di sini kita akan buat semacam aplikasi, nanti tinggal installopen, nanti ada pengumuman pendaftaran diterima atau tidak secara online. Data-data aman. Kita lagi membuat formulanya,” terang Iwa Mulyana.

Aplikasi yang kedua adalah Klinik Konsuler. Aplikasi ini dibuat untuk memfasilitasi WNI yang ingin mengadu atau mencurahkan permasalahan terkait kekonsuleran.

“Apakah di antara saudara-saudara ini ada yang pernah datang ke konsuler terus ingin curhat, curcol atau apalah, udah pernah belum? Nanti insya Allah kita akan membuat tim, mudah-mudahan, kami memiliki beberapa staf yang insya Allah bisa merespon awal, paling tidak apa yang menjadi permasalahan atau pengaduan dari saudara-saudara,” jelas Iwa Mulyana kepada audiensi

Menurut saya, ini adalah sebuah inovasi baru yang harus diapresiasi, apalagi KBRI Kairo menjadi pencetus utama atas aplikasi pelayanan berbasis online dari KBRI lainnya. Memang aplikasi seperti inilah yang dibutuhkan pada zaman industri 4.0 dan zaman serba online seperti sekarang ini,” terang Meidhika Nawa Sapta.  

Selain bertujuan untuk memudahkan Warga Negara Indonesia yang ada di Mesir dalam pengurusan berkas dan pelayanan apapun, diharapkan aplikasi ini mampu menjaga keprivasian atas data setiap individu dan menerapkan sistem keamanan yang rapi agar tidak mudah terkena malware/hacker sehingga menjadi penyebab kehilangan data. Aplikasi ini juga harus menampilkan preview yang user friendly dan sistematis, agar tidak membingungkan para pengguna nantinya,” lanjut Meidhika, mahasiswa yang pernah belajar di jurusan Teknik Informatika.

Kedua aplikasi ini akan diluncurkan bulan September mendatang. “Kira-kira nanti peluncurannya September insya Allah, kedua program ini,” terang Minister Counsellor di akhir pembicaraan.

Reporter: Zaenal Mustofa
Editor: Hani Fathiya Rizki

Open Comment
Close Comment

0 Response to "Bertemu Alumni Gontor di Mesir, Iwa Mulyana: Kita Akan Memperkenalkan Pelayanan Online"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel