Raih Suara 73%, Pasangan Prabowo-Sandi Menang Mutlak di Kairo

Proses penghitungan suara di TPS 001, Rabu(17/4).

Kairo, Informatikamesir.com—Setelah melakukan pemungutan suara pada Sabtu (13/4), Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kairo melakukan penghitungan suara pada hari Rabu (17/4) dari jumlah 15 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada. Pasangan Prabowo-Sandi berhasil meperoleh jumlah suara sebesar 73,40% dengan total suara pemilih sebanyak 4739 suara. Berselisih jauh dengan pasangan Jokowi-Amin yang mendapatkan suara 24,74% dengan total pemilih 1597 suara.

Berdasarkan data dari PPLN, jumlah surat suara yang digunakan dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2019 ini adalah sebanyak 6456 suara, dengan rincian suara sah sebanyak 6336 dan suara tidak sah sebanyak 120 suara.

Menurut Amin Samad, Ketua PPLN Kairo menegaskan bahwa hasil yang ada di Kairo ini belum seutuhnya keputusan final, akan tetapi kita harus menunggu hasil Real Count  yang ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat untuk memastikan siapa yang akan menjadi Presiden dan Wakil Presiden selanjutnya.

"Rekapitulasi yang ada di Kairo ini belum final, kita harus menunggu hasil perhitungan dari KPU Pusat," papar beliau sebelum rekapitulasi suara di Balai Budaya KBRI Kairo.

Laporan rekapitulasi penghitungan perolehan suara 

Selanjutnya untuk Pileg Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) dan partai hanya dihitung per-partai politik dengan jumlah suara total 6350 pemilih dengan rincian surat sah sebanyak 5975 suara dan suara tidak sah sebanyak 375 suara. Partai yang mendominasi pemilu di Kairo sendiri yaitu  Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan perolehan  suara 50,82% dari total pemilih 3227 suara.

Reporter: Reno Kuncoro
Editor: Abdul Fatah Amrullah

Post a Comment

0 Comments