Membuka Kegiatan Termin Dua, SEMA FSI Hadirkan Pakasi - Informatika Mesir

Breaking

Senin, 25 Februari 2019

Membuka Kegiatan Termin Dua, SEMA FSI Hadirkan Pakasi

Peserta putra yang hadir dalam acara Pakasi di aula KSW, Sabtu (23/2).

Kairo, Informatikamesir.com—Sabtu (23/2), Senat Mahasiswa Fakultas Syariah Islamiyah atau yang biasa disebut SEMA FSI membuka kegiatan di termin dua ini dengan melaksanakan Pakasi (Paket Kader Syariah Islamiyah). Acara ini ditujukan untuk calon mahasiswa dan mahasiswi baru Fakultas Syariah Islamiyah. Bertempat di aula KSW (Kelompok Studi Walisongo) dengan jumlah peserta putra 115 orang dan di aula KPMJB (Keluarga Paguyuban Masyarakat Jawa Barat) dengan jumlah peserta putri sebanyak 116 orang.

Acara yang berlangsung dari jam 13.00-17.00 CLT ini mengusung tema "Semangatkan Nafas Kebersamaan, Tanamkan Nilai Keislaman, Ciptakan Azhari Teladan". Para peserta yang mengikuti berlangsungnya acara tampak antusias dan bersemangat. Hal ini terlihat juga dari semangat para peserta yang menghadiri acara dengan tepat waktu. Untuk menunjang berjalannya acara, peserta yang telah hadir mendapatkan pin, modul, konsumsi serta sertifikat.

Acara yang bertempat di KSW diisi oleh tiga orang pembicara; Ustaz Syaiful Millah, Lc., Ustaz Zahid Mustawa dan Ustaz Hisyam. Kevin Damara selaku Ketua SEMA FSI mengungkapkan, "Dalam acara ini kita juga menghadirkan pembicara yang berkompeten, jadi tidak hanya menyampaikan materi tapi juga memberikan motivasi secara tidak langsung berdasarkan pengalaman dan riwayat pendidikannya."

Menyampaikan pemaparan mengenai perkuliahan, Ustaz Syaiful Millah memberi motivasi kepada peserta yang hadir, "Ibarat mesin pabrik dan bahan mentah. Kita ini bahan mentahnya dan Azhar adalah mesinnya. Jika kita tidak diproses dengan baik maka kita tidak ada harganya, tetap dalam keadaan yang sama. Maka kita berada disini harus banyak-banyak belajar. Jangan bermalas-malasan." Selain itu beliau juga menambahkan bahwa Jami'an (talaqi) dan Jami'atan (perkuliahan) itu tidak bisa dipisahkan. Perkuliahan dan talaqi itu merupakan satu kesatuan.

Berbeda dengan Ustaz Syaiful Millah, Ustaz Zahid Mustawa sebagai pembicara kedua membawa tema tentang syariah. Beliau mengatakan, "Fokus kesyariahan itu ada tiga. I'tiqodiyah, Amaliyah, dan Akhlaqiyah. I'tiqodiyah itu keyakinan. Amaliyah itu tentang aturan bagaimana cara bermuamalah, syarat dan rukunnya terpenuhi. Akhlaqiyah yang berhubungan dengan akhlak dalam bermuamalah". Sedangkan pembicara ketiga, Ustaz Hisyam memaparkan tema khusus seputar senat.

Sedangkan acara yang berlangsung di aula KPMJB diisi oleh Ustazah Nenden Wia Darojatun, Lc. yang menyampaikan seputar perkuliahan, Ustazah Rahmawati, Lc. yang menyampaikan seputar syariah dan Ustaz Kevin Damara selaku ketua SEMA FSI menyampaikan pemaparan seputar senat.

Beberapa point motivasi dari Ustazah Nenden Wia kepada para mahasiswi adalah membuat planning dan target. Mencari referensi dari buku-buku selain diktat kuliah untuk menunjang ilmu pengetahuan. “Dalam setiap hari, jangan pernah lepas membaca. Untuk paham muqorror baca dengan detail dan pelan-pelan, pahami perkata, pahami permasalahan, hafalkan kemudian baru membuat talkhisan,” ujarnya kepada seluruh peserta.

“Mengikuti acara ini membuat saya semakin yakin untuk mengambil jurusan Syariah. Terlebih setelah mendengar pemaparan dari Ustazah Rahma, menjadi motivasi besar untuk melangkah terus melanjutkan S2 bahkan S3 di jurusan Syariah ini,” ungkap Fathimatuz Zahroh, mahasisiwi baru yang mengikuti acara Pakasi.

Di akhir Kevin menambahkan, "Harapan saya mengadakan acara ini agar para mahasiswa serta mahasiswi Syariah terkhususnya angkatan baru tahun ini lebih memahami visi dan misi kenapa memilih jurusan Syariah Islamiyah. Karena dalam acara ini dikupas tuntas tentang Syariah Islamiyah dari segi organisasi senatnya, perkuliahan, ilmu-ilmu dan buku-buku di dalamnya."

Reporter: Afifah

Editor: Mufida Afiya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar