Latihan Dasar Kepenulisan PCIM Kairo, Imazahra Fatimah: Membaca adalah Langkah Awal untuk Dapat Menulis - Informatika Mesir

Breaking

Senin, 25 Februari 2019

Latihan Dasar Kepenulisan PCIM Kairo, Imazahra Fatimah: Membaca adalah Langkah Awal untuk Dapat Menulis

Pose foto bersama peserta Latihan Dasar Kepenulisan PCIM Kairo dan Ustazah Imazahra Fatimah, M.Phil., Jumat (22/2). 

Kairo, Informatikamesir.com— Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Kairo sukses selenggarakan ajang pengembangan bakat berupa Latihan Dasar Kepenulisan bagi para warga PCIM Kairo pada Jum’at (22/2). Dengan Ustazah Imazahra Fatimah, M.Phil. sebagai pemateri utama pada pelatihan ini, para peserta terlihat sangat antusias dalam menyimak dan menyerap setiap materi yang diberikan oleh pemateri. Dalam penyampaian materi beliau mengatakan bahwa salah satu langkah paling awal untuk dapat menulis adalah membaca buku. Bertempat di Aula Markaz Dakwah Muhammadiyah, Hay Tasi’, acara tersebut dimulai pada pukul 10.00-15.00 CLT.

Dalam penyampaian materi, Ustazah Imazahra Fatimah menghimbau kepada seluruh peserta untuk dapat membiasakan diri untuk menulis. Beliau juga berpesan, bahwasanya membaca buku merupakan langkah paling awal untuk dapat menulis. Dari membaca buku, kita dapat mengetahui bagaimana seorang penulis handal menyusun kata-kata maupun kalimat secara ringkas, padat dan jelas serta mengalir, sehingga memudahkan bagi para pembacanya untuk dapat memahami maksud dari sang penulis.

“Saya yang berdiri di depan kawan-kawan semua ini adalah hasil dari rangkaian proses yang telah terjadi 10 hingga 15 tahun yang lalu. Saya telah membaca banyak buku dan melahirkan banyak tulisan, semua itu adalah proses yang dimulai dari nol, jadi untuk kawan-kawan semua, tetaplah semangat dan jangan pernah berhenti untuk berusaha!” ujar Ustazah Imazahra Fatimah di akhir sesi akhir pelatihan penulisan.

Sedangkan di awal mula pelatihan penulisan, Ustazah Imazahra Fatimah yang mana merupakan salah satu penulis buku best seller terkemuka di Indonesia, menyampaikan beberapa tips dalam memulai sebuah penulisan dalam suatu karya tulis. Beliau lalu menjelaskan berbagai komponen yang harus terpenuhi dalam karya tulis. Tak lama setelah itu, masing-masing dari peserta ditugaskan untuk langsung mempraktikkan beberapa teori kepenulisan yang telah dijelaskan sebelumnya. Setiap peserta diwajibkan untuk menuliskan suatu esai yang di dalamnya terkandung seluruh komponen karya tulis dengan tema bebas atau sesuai dengan kehendak masing-masing peserta. Sembari menunggu para peserta mengerjakan tugas esai masing-masing, Ustazah Imazahra Fatimah memeriksa dan mengoreksi satu per-satu esai yang sedang dikerjakan.    

Pelantikan kru baru majalah Sinar Muhamadiyyah periode 2019-2020.
Acara ini diakhiri dengan pelantikan kru baru majalah Sinar Muhammadiyah periode 2019-2020. Dengan adanya pelatihan penulisan ini, diharapkan bagi para kru majalah Sinar Muhammadiyah untuk dapat lebih memahami teknik kepenulisan dan mampu mengembangkannya. Azrul Faisal selaku pimpinan umum majalah Sinar Muhammadiyah menjelaskan bahwasanya selain menjadi wadah bagi para kru untuk dapat mengembangkan kemampuan kepenulisannya, Sinar Muhammadiyah juga berperan sebagai media yang bersifat informatif, mendidik dan berpengaruh bagi kalangan pembaca. “Dalam jangka waktu satu tahun ini, kami menargetkan minimal enam kali penerbitan hingga bulan februari mendatang.” Tambah Faisal dalam sesi wawancara dengan kru Informatika.

Reporter: M Nur Taufiq Alhakim

Editor: Mufida Afiya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar