MFD 2018, Wadah Pemersatu Warga Indonesia Penghuni Buuts - Informatika Mesir

Breaking

Selasa, 20 November 2018

MFD 2018, Wadah Pemersatu Warga Indonesia Penghuni Buuts

Detik-detik pembukaan acara oleh para ketua panitia, perwakilan senior Buuts, dan Presiden PPMI Mesir. 
Kairo, Informatikamesir.com— Sebagai wadah memperat ukhuwah seluruh warga Indonesia di Madinatul Buuts al-Islamiyyah, angkatan kedatangan Buuts 2018 atau Cordova sukses menghadirkan acara Marhalah Family Day (MFD) 2018 selama tiga hari, yaitu dari hari Kamis-Sabtu tanggal 15-17 November. Buuts sendiri merupakan asrama tempat tinggal para peraih beasiswa al-Azhar yang berasal dari berbagai negara. Dengan bermotokan “Ittiḥâd al-Ukhuwwah tukawwinu Kifâḥ al-Ummah”, Nadi Gamalia menjadi lokasi inti dalam  pelaksanaan MFD tahun ini.

Acara tersebut merupakan ajang silaturahim yang dikemas dalam bentuk kompetisi olahraga dan lomba rakyat yang mana para pesertanya adalah seluruh warga Indonesia yang bertempat tinggal di Buuts. Berbagai kompetisi dalam MFD ini terbagi menjadi dua ketegori, yaitu kompetisi per-individu dan kompetisi per-angkatan kedatangan. Kompetisi ini  lalu diklasifikasikan lagi menjadi dua, yaitu perlombaan khusus untuk laki-laki (banin) dan perlombaan khusus untuk perempuan (Banat). Dalam MFD tahun ini, berbagai angkatan kedatangan Buuts yang berlaga dalam kompetisi kali ini adalah angkatan Cordova (2018), el-Maqieya (2016), Granada/Havara (2014-2015), Bosnia (2013), dan The Legend (2012 ke-bawah). 

Adapun berbagai ajang lomba yang dikompetisikan dalam MFD 2018 ini diantaranya adalah Futsal, Basket, Voli, Tenis Meja, Tarik Tambang,  Catur, Rubik, Nasyid, Komunikata, Botol Bocor, Isy Creation, Poster dan lain-lain. Dengan berbagai keragaman lomba tersebut, perlombaan yang bersifat indoor dilaksanakan pada hari pertama dan kedua, sedangkan untuk outdoor pada hari Jum’at dan Sabtu. Untuk indoor, para panitia yang merupakan angkatan Cordova telah menyiapkan banyak ruangan kamar yang bisa digunakan dalam pelaksanaan lomba-lomba yang tidak banyak memakan tempat seperti halnya Catur dan Rubik. Sedangkan untuk Futsal, Basket dan Voli yang mana membutuhkan area yang luas, Nadi Gamalia menjadi tempat yang nyaman dan kondusif untuk pelaksanaan berbagai perlombaan tersebut. Kendati demikian, untuk pembukaan acara MFD 2018 secara resmi baru diadakan pada Sabtu pagi di Nadi Gamalia seperti halnya pelaksanaan MFD di tahun-tahun sebelumnya.

Diawali dengan pembukaan secara resmi oleh saudara Saeful Jihad selaku Presiden PPMI Mesir saat ini, acara lalu dilanjutkan dengan penampilan Grand Opening yang disuguhkan oleh para panitia di hadapan seluruh peserta yang ada. Perlombaan pada hari ketiga pun dimulai dengan kompetisi Basket dan Futsal untuk banin  dan kompetisi Voli untuk banat. Setelah ketiga perlombaan tersebut tuntas, barulah dimulai lomba-lomba rakyat semisal Botol Bocor, Komunikata, SOS, Ellastic, Speedcubing, dan lain-lain. Keseluruhan lomba baru dapat terselesaikan pada sore hari menjelang matahari terbenam. Acara lalu diakhiri dengan pengumuman pemenang setiap perlombaan serta foto bersama seluruh warga Indonesia penghuni Buuts.

Foto bersama seluruh MFD 2018

Pada tahun ini, angkatan Cordova (2018) berhak mendapatkan predikat Juara Umum terhitung dari total jumlah poin yang mereka kumpulkan dari seluruh perlombaan yang mereka ikuti. Sedangkan untuk Juara Favorit jatuh pada angkatan el-Maqieya (2016) yang mana juga meraih Juara Umum pada penyelengaraan MFD di tahun sebelumnya. Adapun untuk Juara Umum kategori Banin dimenangkan oleh angkatan Cordova (2018) dan untuk kategori banat dimenangkan oleh angkatan el-Maqieya (2016). 
   
Menurut keterangan dari saudara Ilham Bayu selaku ketua panitia acara MFD tahun ini, tujuan utama dilaksanakannya MFD ini adalah untuk menjalin silaturahim antar warga Indonesia penghuni Buuts. “Dikarenakan jumlah mahasiswa Indonesia di Buuts ini terhitung banyak, maka harus ada wadah yang bisa menyatukan kita semua, dan itulah MFD,” ujarnya. Menurutnya juga, pelaksanaan MFD kali ini, secara keseluruhan telah berjalan sesuai dengan apa yang telah dirancang oleh para panitia dari para anggota angkatan Cordova. “Kami berusaha semaksimal mungkin untuk dapat memberikan yang terbaik sekaligus berbeda dari dari pelaksanaan MFD di tahun-tahun sebelumnya. Usaha ini kami tujukan pada seluruh teman-teman di Buuts dari seluruh angkatan diatas kami. Dan kami berterimakasih kepada seluruh pihak yang sudah menyukseskan acara silaturahim akbar tahunan antar warga Indonesia di Buuts ini, termasuk juga kepada seluruh pihak sponsor,” tambah Ilham dalam sesi wawancara dengan kru Informatika.  
 
Reporter: M Nur Taufiq Alhakim

Editor: Vivi Noviyantika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar