Adakan Pelatihan Jurnalistik di Kairo, PPMI Datangkan Tiga Pejabat Tinggi RRI. - Informatika Mesir

Breaking

Minggu, 04 November 2018

Adakan Pelatihan Jurnalistik di Kairo, PPMI Datangkan Tiga Pejabat Tinggi RRI.

Moderator membuka acara pelatihan jurnalistik pada Sabtu (3/11). [Foto: Yusuf Abdullah]
Kairo, Informatikamesir.com--PPMI Mesir mengadakan pelatihan jurnalistik dengan mendatangkan tiga narasumber yang merupakan pejabat tinggi Radio Republik Indonesia (RRI). Pelatihan berlangsung  pada 3-4 November 2018. Sabtu (3/11) Dirut keuangan RRI bapak Sudaryanto mewakili Dirut Utama RRI Rohanuddin membuka secara resmi pelatihan jurnalistik, dalam kesempatan ini PPMI berhasil menjalin kerjasama guna meningkatkan kemampuan jurnalistik mahasiswa di Mesir serta membangun korespondensi yang akan ditempatkan di Mesir. Pelatihan diadakan selama dua hari, meliputi materi jurnalistik dan latihan praktek.

“RRI punya sebuah program yang visinya terpercaya dan mendunia, untuk mencapai  visi tersebut maka RRI menjalin jaringan itu ke berbagai negara di dunia salah satunya Mesir yang jumlah mahasiswanya 5000 kurang lebih, dan salah satu tujuan kita ke Mesir untuk menyeleksi dan melatih mahasiswa untuk menjadi koresponden RRI sehingga match dengan visi RRI itu sendiri” terang bapak Agus Sukoyo selaku Kabid Kerjasama Dit RRI.

Menko 4 PPMI Mesir, Alfy Isa Muharram, menjelaskan bahwa PPMI memiliki program dalam meningkatkan jurnalistik di ranah mahasiswa Mesir, sehingga saat proses menghubungi pihak RRI untuk menjadi narasumber dan diketahui program PPMI sejalan dengan Visi RRI terpercaya dan mendunia, maka PPMI dapat menjalin kerjasama dengan mudah. Presiden PPMI Mesir, Saiful Jihad, Lc., menegaskan bahwa pelatihan ini bertujuan agar jurnalis Masisir semakin meningkatkan skill nya dalam dunia jurnalistik dan berharap bisa di ikuti dengan maksimal. Ketua panitia, Idham, yang juga seorang jurnalis asal Aceh mengatakan pelatihan selama dua hari ini merupakan usaha untuk mencapai target skill menyeluruh dalam jurnalistik mahasiswa di Mesir.

Dalam kesempatan wawancara bersama bapak Agus Sukoyo, ia menjelaskan bahwa salah satu target kita dalam kerjasama ini yaitu akan berdirinya suatu saat kantor cabang RRI di Mesir dan menjadi basis berita luar negeri RRI untuk ke depannya.

Bapak Dirut Keuangan RRI, Sudaryanto, dalam sambutannya sempat menyinggung sejarah dan kiprah RRI dari awal berdiri 11 September 1945 Indonesia merdeka hingga sekarang dan segala dinamikanya.

“RRI dari dahulu sudah menjadi rujukan utama informasi masyarakat salah satunya dalam memberitakan peristiwa kemerdekaan Repulik Indonesia ke seluruh dunia yang mana Mesir merupakan Negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia, maka dari itu kita lihat jurnalistik akan selalu berperan penting dalam pilar pergerakan suatu bangsa,” imbuhnya di akhir sambutan.

Reporter: Yusuf Abdullah                                                                                                      
Editor : Vivi Nofiyantika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar