Rihlah Tarikhiyah bersama Senat Mahasiswa Fakultas Bahasa Arab (SEMA-FBA) - Informatika Mesir

Breaking

Jumat, 26 Oktober 2018

Rihlah Tarikhiyah bersama Senat Mahasiswa Fakultas Bahasa Arab (SEMA-FBA)

Peserta Rihlah Tarikhiyah SEMA-FBA

Kairo, Informatikamesir.com - Kamis (25/10) Senat Mahasiswa Fakultas Bahasa Arab (SEMA-FBA) adakan Rihlah Tarikhiyah. Diperuntukkan untuk umum, acara ini diikuti oleh kurang lebih 50 mahasiswa Indonesia di Mesir (Masisir) dari berbagi fakultas.

M. Fakhruddin Arrozi selaku ketua SEMA-FBA mengatakan bahwa acara ini diadakan untuk me-refresh kembali otak dan pikiran dari penatnya perkuliahan dengan mempelajari dan menelisik sejarah sekitar, “Dengan diadakannya rihlah ini, kita bisa mengetahui bahwa ternyata di sekitar kita terdapat banyak hal yang menakjubkan,” tuturnya.

Setidaknya ada 14 destinasi yang dijelajahi pada rihlah kali ini; Masjid Abu Dahab, Wikalah Syarakisah, Khan Khalili, Madrasah Shalihiyah, Madrasah Sultan Dzahir Baybars, Kompleks Qalawun, Sabil Kuttab Muhammad Ali Pasha, Komplek Nasr Muhammad Qolawun, Madrasah Sultan Barquq, Madrasah Kamiliyah, Sabil Kuttab Abdurrahman Katkhuda, Masjid Al-Aqmar, Masjid Sulaiman Agda Silahdar, dan  Masjid Al-hakim Bi Amrillah.

Berawal dari masjid Al-Azhar, rihlah yang dimulai pada pukul 14:15 CLT ini berlangsung dengan khidmat dan lancar. Para peserta baik ikhwan maupun akhwat terlihat semangat dan antusias mendengar pemaparan yang disampaikan oleh pemateri.

Miftah Wibowo, selaku pembimbing dan pemateri pada rihlah ini menyampaikan bahwa sudah semestinya bagi Masisir untuk melek akan sejarah. Sebagai duta bangsa, di dalam mempelajari sejarah jangan hanya sebatas pada hafalan nama dan angka saja, tapi juga harus bisa mengambil ibroh atau pelajaran yang bisa diimplementasikan di kehidupan sehari-hari.

Selain penyampaian materi, inisiatif panitia untuk mengadakan kuis berhadiah di sela-sela acara juga mampu membuat peserta antusias mengikuti acara hingga akhir. Meski acara terus berlangsung hingga menjelang waktu Isya, para peserta tetap khidmat menyimak pemaparan pemateri, hingga kemudian rihlah ini ditutup dengan foto bersama.

Rihlah Tarikhiyah ini bukanlah rihlah pertama dan terakhir yang diadakan SEMA-FBA pada periode ini. Dikabarkan bahwa nanti akan ada rihlah-rihlah berikutnya yang bisa diikuti mahasiswa Fakultas Bahasa Arab khususnya dan seluruh Masisir pada umumnya.



                              
Reporter: Ahmad Akbar Hakiki
Editor: Muhammad Habiburrahman      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar