Seminar Pemetaan Pikiran PCIM, Metode Praktis Capai Kesuksesan - Informatika Mesir

Breaking

Kamis, 20 September 2018

Seminar Pemetaan Pikiran PCIM, Metode Praktis Capai Kesuksesan

Red: Sesi perfotoan setelah acara dengan Prof Dr Sholah Abdul Sami'

  
Kairo, Informatikamesir.com— Pada hari Senin (17/9), Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) Kairo sukses adakan seminar keilmuan yang bertemakan al-Kharâith al-Dhihniyyah wa al-Tamayyuz al-Dirâsî yang diadakan di Aula Limas, District 10. Acara ini merupakan salah satu dari tindak lanjut dari kegiatan dauroh di hari sebelumnya telah dilaksanakan di Markaz Dirasat Ma’rifiyyah, Zamalek. Dalam seminar ini, Prof. Dr. Sholah Abdul Sami’ yang merupakan Guru Besar di bidang Materi Pembelajaran di Universitas Helwan hadir sebagai pemateri utama dan saudara Fardhan Satrio sebagai moderatornya.

Dalam sesi pemaparan materi, Sholah Abdul Sami’ menyampaikan bahwasanya penggunaan peta pemikiran dapat dianalogikan seperti membuat perpustakaan yang buku-bukunya tersusun rapi di rak-rak buku yang khusus. “Terdapat tiga proses bagi manusia untuk dapat mengolah suatu informasi dalam otaknya, yang pertama adalah proses penyerapan informasi dari berbagai sumber yang berbeda semisal buku, penjelasan guru, ataupun tayangan video, proses yang kedua adalah pengelompokan berbagai informasi tersebut ke dalam rak-rak perpustakaan yang terdapat dalam otak sesuai dengan karakteristik dan jenis dari informasi yang didapatkan, dan yang ketiga adalah proses pengolahan informasi dan mengeluarkannya kembali dari rak-rak perpustakaan informasi yang terdapat dalam otak untuk dapat disampaikan kembali secara lisan maupun tindakan,” ujarnya ketika sesi pemaparan materi.

Acara yang dihadiri oleh kurang lebih 80 orang peserta ini bertujuan untuk memperdalam wawasan sekaligus menumbuhkan kecakapan yang baik dalam menggunakan metode pemetaan pemikiran dalam mempelajari atau menganalisa suatu objek tertentu. Penerapan dari metode tersebut diharapkan dapat menunjang tercapainya hasil yang maksimal dalam berbagai kegiatan akademisi maupun kehidupan kesaharian pada umumnya. Adapun peserta yang hadir dalam seminar kali ini berasal dari berbagai negara, mulai dari Indonesia, Malaysia, Pakistan dan bahkan Spanyol.

Menurut keterangan Ismail Alfaruqy, ketua pelaksana dari seminar ini, walaupun panitia acara ini baru dibentuk beberapa hari sebelum acara dilaksanakan, namun acara tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang direncakan oleh panitia. “Begitu singkatnya persiapan panitia pelaksana dalam mempersiapkan segala kebutuhan acara, ditambah dengan jadwal padat dari kegiatan PCIM yang sedang berlangsung, membuat panitia tidak bisa mengadakan rapat ataupun pertemuan langsung secara fisik. Kita hanya bisa mengkoordinir persiapan pelaksanaan acara secara daring, melalui Whatss App,” tambah Alfaruqy dalam sesi wawancara kepada kru Informatika.

Reporter : Taufiq Al Hakim
Editor : Albi Tisnadi Ramadhan
      


Tidak ada komentar:

Posting Komentar