Konferensi Internasional AKTA Berbasis Online: Perumusan AD/ART serta Pemilihan Koordinator AKTA 2018-2019 - Informatika Mesir

Breaking

Sabtu, 07 Juli 2018

Konferensi Internasional AKTA Berbasis Online: Perumusan AD/ART serta Pemilihan Koordinator AKTA 2018-2019


Kairo, Informatikamesir.com – Sabtu (7/6) Aliansi Keputrian Timur Tengah dan Afrika sukses menyelenggarakan Konferensi Internasional Tahunan 2018. Tidak seperti konferensi biasanya yang diadakan bertatap muka, Konferensi AKTA ini dilakukan dengan memanfaatkan sistem online teknologi masa kini.

Organisasi yang baru berdiri selama dua tahun ini merupakan buah gagasan dari Ketua Wihdah-PPMI Mesir 2016-2017 , Rahmah Rasyidah. Selain menjadi pelopor AKTA, ia juga sekaligus terpilih menjadi Koordinator AKTA 2016-2018.

Acara perdana ini adalah forum penentu kebijakan tertinggi AKTA yang diselenggarakan setiap akhir masa kepengurusan. Pada konferensi ini dilakukan perumusan dan pengesahan AD/ART organisasi yang mana akan menjadi dasar pengajuan AKTA sebagai Badan Otonom PPI Kawasan Timtengka di Simposium Internasional Ppi Dunia di Rusia akhir Juli mendatang.

Konferensi ini juga dihadiri oleh Koordinator PPI Dunia 2017-2018 Pandu Utama Manggala, MA, M.Dipl, Ikhwan Hakim Rangkuti, Lc., selaku Koordinator Kawasan Timtengka serta Muhammad Kamal Ihsan selaku Biro Pers Kawasan Timtengka.

Panitia Konferensi Internasional Tahunan ini dibentuk pada tanggal 6 Mei yang lalu. Dengan segala keterbatasan jarak dan waktu nyatanya tidak menjadi halangan bagi panitia untuk mengadakan acara ini.

Dalam sambutannya Rahmah Rasyidah, Koordinator AKTA 2016-2018 mengatakan,  “Konferensi online yang menyatukan 15 Negara melalui sebuah aplikasi adalah tantangan sendiri bagi kami. Namun dengan berhasil diangkatnya acara ini semoga bisa menjadi inspirasi bagi yang lain bahwa melakukan konferensi via online ini bukanlah hal yang mustahil."

Gadis kelahiran Melak, Kalimantan Timur ini juga menyebutkan bahwa acara Konferensi Internasional Tahunan AKTA ini merupakan momen evaluasi dan menemukan pemimpin AKTA yang baru.

Selain itu, Ikhwan Hakim selaku Koordinaror Kawasan Timtengka menyampaikan apresiasi yang besar atas pencapaian AKTA. Ia berharap semoga kedepannya AKTA bisa tetap mewadahi Keputrian-keputrian Timtengka. Koordinator PPI Dunia, Pandu Utama juga menyebutkan harapannya semoga AKTA dapat menghasilkan muslimah-muslimah yang selalu berkarya.

Menurut ketua panitia KIT AKTA, Andi Mutia Azzahra, mahasiswi International Islamic University of Islamabad, persiapan hingga dilaksanakannya acara ini memang tidak luput dari kekurangan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada panitia dan seluruh pihak yang telah terlibat menyukseskan acara ini.

Setelah berakhirnya konferensi yang di hadiri 34 orang perwakilan 15 negara ini, agenda dilanjutkan dengan penetapan hasil Pemilu Koordinator AKTA 2018-2019.

Berdasarkan hasil pemilu, maka terpilihlah Nadiyatusyahidah dari PPMI Pakistan sebagai koordinator yang baru.

Reporter : Mufida Afiya
Editor : Abdul Fatah Amrullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar