MTQ Internasional Mahasiswa Asing Al Azhar Resmi Berakhir - Informatika Mesir

Breaking

Rabu, 04 April 2018

MTQ Internasional Mahasiswa Asing Al Azhar Resmi Berakhir



Red: Para juara lomba hifzhil quran.

Informatikamesir.com – Gelaran agenda-agenda MTQ Internasional pertama yang melibatkan mahasiswa asing universitas Al Azhar  resmi berakhir pada Rabu (3/04). Acara yang diselenggarakan di Auditorium Markaz Syeikh Zayed, Madinat Nasr ini mempertemukan 18 finalis dari berbagai negara yang telah lolos dari serangkaian seleksi. Para finalis terbagi dalam 3 perlombaan: Hifzhil Quran, Syarhil Quran dan Tilawatil Quran. Turut hadir dalam acara yang diselenggarakan oleh PPMI Mesir ini sejumlah Masyayikh Azhar dan beberapa duta besar dari berbagai negara peserta lomba.

Berbagai respon positif diutarakan para peserta lomba salah satunya, Husain Ali, salah seorang finalis asal Pakistan, ia menuturkan bahwa dirinya sangat berterimakasih kepada mahasiswa Indonesia, terkhusus PPMI Mesir atas diselenggarakannya acara ini. Ia berharap acara seperti ini akan terus dapat dilaksanakan setiap tahunnya, “Saya doakan agar acara seperti ini akan dilanjutkan ke tahun-tahun selanjutnya,” kata Juara 3 lomba Tahfizh 30 Juz ini.

Sementara itu Ahmad Farhan Tsani, fInalis Syarhil Quran asal Indonesia turut mengapresiasi panitia untuk penyelenggaran acara yang dinilainya rapih, ia juga menyarankan jika diadakan lagi acara seperti ini agar cabang perlombaan bisa lebih bervariasi dari tahun ini, “lebih berkembang ya tahun depan, kalau bisa perlombaan yang diselenggarakan bisa ditambah, seperti khot, atau fahmil Quran.” Tutur mahasiswa asal Medan ini.
Red: Luhil Mahfuzh dan Ahmad Farhan Tsani, Juara 2 lomba syarhil quran.
Fahri Emil Habib, Wakil Presiden PPMI Mesir menuturkan bahwa acara ini memang sengaja diselenggarakan dengan skala internasional. Akhirnya PPMI Mesir menggandengan Ikatan Alumni Al Azhar untuk bersama menyelenggarakan acara ini, “ya, pada awalnya IPQI mengajak kerjasama PPMI Mesir, tapi kami fikir, kalau hanya skala Indonesia maka akan hanya mempertemukan perwakilan IPQI dari berbagai kekeluargaan. Dari itu kita menjadikan acara ini berskala Internasional.” Tambahnya.

Ketua panitia acara, Al Chudori mengatakan secara umum acara MTQ ini dinilai hampir perfect dan melebihi ekspektasi panitia. Ia melihat baik para penonton yang hadir maupun para finalis telah melaksanakan tugasnya secara baik. Hal ini terbukti dari sesaknya auditorium oleh pengunjung, “kami memang memakai teknik dengan mewajibkan setiap peserta untuk membawa pendukung masing-masing.” Katanya. Ia juga berharap acara ini kedepannya akan bisa kembali dilaksanakan siapapun presiden yang akan memimpin. “kita hari ini bisa mendatangkan 20 negara dengan 65 peserta, tahun depan 50 bahkan 100 yang mendaftar kita persilahkan. Insyaallah, acar PPMI ini akan terus berkesinambungan.” Tutupnya.

Berikut adalah nama-nama juara dari lomba MTQ tahun 2018:

Musabaqah Tilawatil Quran
1.       Muhammad Zakiyyudin Hanafi                 Malaysia
2.       Mursyid Qamaruddin                                 Filipina
3.       Husain Ali                                                  Pakistan
4.       Lili Nur Indah Sari                                     Indonesia

Musabaqah Hifzhil Quran
1.       Khan Muhammad Abdu Shamad               Afghanistan
2.       Farima binti Zulkifli                                   Malaysia
3.       Fiqhan Ma’rifatullah                                  Indonesia
4.       Muhammad Basyir Mubasyir                    Afghanistan

Musabaqah Syarhil Quran
1.       Yasir Abidin & Sahlan                               Filipina
2.       Lauhul Mahfuzh & A Farhan Tsani           Indonesia
   
Reporter: Albi Tisnadi
Redaktur: A Faisal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar