Simposium Timtengka 2018 Usai, Ini Kata Ikhwan Hakim - Informatika Mesir

Breaking

Jumat, 09 Maret 2018

Simposium Timtengka 2018 Usai, Ini Kata Ikhwan Hakim

Ikhwan Hakim Rangkuti, Koordinator PPI Kawasan Timtengka 2017-2018. Dok Ikhwan Hakim 

Kairo, Informatikamesir.com -- Jumat (09/03) Simposium kawasan Timtengka(Timur Tengah-Afrika) menjadi salah satu ajang pengerat hubungan antar negara Timtengka  telah selesai digelar pada 1-4 Maret 2018 dengan Negara Pakistan sebagai tuan rumah. Negara dengan ibukota Islamabad ini sukses mengerahkan tenaga untuk persiapan menyabut tamu pelajar-pelajar dari negara kawasan  Timtengka lainnya. Tak lepas dari hal itu, antusias pelajar Timtengka menyambut baik acara Simposum kawasan Timtengka pada tahun ini.

Beberapa kawasan yang tergabung  dalam PPI Timtengka saat ini, terdapat 15 negara; PPMI Mesir, HPMI Yordania, PPMI Arab Saudi, PPI Lebanon, KKMI Libya, IPI Iran, PPI Maroko, PPMI Pakistan, PPI Sudan, PPI Damaskus, PPI Tunisia, PPI Yaman, PPI Uni Emirat Arab, PPI Kuwait, PPI Afrika Selatan, dan diresmikan dua PPI baru saat symposium, yaitu PPI Al-Jazair dan PPI Qatar. Di antara Mereka hanya 8 perwakilan PPI yang hadir dan PPMI Mesir ikut mengirimkan delegasinya ke Pakistan.

Tempat berbeda dan adat beragam tidak lantas melunturkan semangat keakraban dan kesolidan antar pelajar Timtengka. Hal ini disampaikan oleh Ikhwan Hakim, Koordinator PPI Kawasan Timtengka 2017-2018.

"Hubungan antar kawasan sangat solid sekali, dan setiap dua bulan sekali kita akan mengadakan rapat kawasan sebagai wadah untuk sharing dan bertukar informasi," tutur Ikhwan, mahasiswa yang pernah menjabat Wakil Presiden PPMI Mesir 2016-2017 ini. 

Terlepas dari hubungan solid antar Negara Timtengka, pengangkatan tema yang berkaitan dengan perekonomian bertujuan untuk merealisasikan potensi besar yang dimiliki pelajar Timtengka. Diharapkan pemikiran ekonomi yang berbasis syariah untuk masa bisa menjadi sumbangsih bagi masa depan Indonesia, khususnya dalam sistem bisnis modern.

"Mahasiswa Timtengka ini memiliki tugas dan amanah yang besar, tak terkecuali untuk menebarkan paham Islam yang moderat dan rahmatan lilalamin dan juga bisa masuk ke semua bidang yang diminati, termasuk bisnis modern berbasis Ekonomi Islam," ujar alumni strata satu Syariah wal Qanun Universitas Al-Azhar, Mesir ini kepada kru Informatika pada wawancara via WhatsApp messanger.

Dalam Simposium kali ini, pelajar-pelajar dari berbagai Negara Timtengka menuangkan gagasan pemikiran untuk kemajuan perekonomian dalam praktek bisnis modern di Indonesia. Saling bertukar pikiran dalam perbincangan hangat, menambah rasa persaudaraan antar pelajar. Untuk komando Timtengka selanjutnya, M. Ruhiyat Hariri dari PPI Sudan terpilih menjadi Koordinator PPI Kawasan Timtengka periode 2018-2019.

Di masa kepemimpinan Ikhwan sebagai Koordinator PPI Kawasan Timtengka, inilah nama-nama presiden dari setiap PPI Negara yang ia komandoi;

1. PPMI Pakistan : Adnin Zahir
2. IPI Iran             : Nasrullah Hanafiah Sofian
3. HPMI Yordania : Ghinan Taufiq
4. PPI Syiria         : Susilo Priyadi
5. PPI Lebanon       : Hamid Hodir
6. PPI Yaman         : Izzudin Mufian
7. PPMI Arab Saudi : Byan Aqila Ramadhan
8. KKMI Libya : Alvan Satria Shidiq
9. PPI Uni Emirat Arab : Muhammad Ramzi
10. PPMI Mesir : Pangeran Arsyad
10PPI Sudan : Desry Desky
11. PPI Maroko         : Agus Ghulam
12. PPI Kuwait         : Ridho Romadhon
PPI Tunisia         : Labib El Muna
13. PPI Afrika Selatan : Bayu Tri Mutri

Reporter: Mufida Afiya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar