Gandeng KPMJB, Odoj Mesir Sukses Gelar KALQULUS - Informatika Mesir

Breaking

Senin, 19 Februari 2018

Gandeng KPMJB, Odoj Mesir Sukses Gelar KALQULUS

Peserta kajian KALQULUS saat bertanya usai penyampaian materi oleh Ustadz Sibghotullah Ahmad, Lc., Dipl., di Aula Pasanggrahan KPMJB, Ahad (18/02). [Informatika]
Kairo, Informatikamesir.com -- Ahad (18/02) Komunitas One Day One Juz (Odoj) Mesir berhasil menyelenggarakan program perdana di kepengurusan periode 2017-2019. Acara tersebut yaitu KALQULUS atau Kajian Al-Quran ala Ustadz. Acara ini terselenggara berkat kerja sama dengan Keluarga Paguyuban Masyarakat Jawa Barat (KPMJB) di Aula Pasanggrahan, Madinah Naser, Kairo.

Acara kajian pertama ini diisi oleh ustadz Ahmad Sibghotullah Lc., Dipl., Mahasiswa S2 Jurusan Tafsir pada Universitas Al-Azhar. Kajian yang diampu mahasiswa asal Kalimantan Timur ini sangat sukses melihat antusiasme audien dari awal sampai akhir tetap fokus mengikuti kajian. Dalam kesempatan ini Ustadz Ahmad membahas surat At-Takâtsur dengan referensi utama kitab Tafsir Al-Munir, yakni kitab karangan Syekh Wahbah Az-Zuhaili. Salah satu materi yang dibahas Ustadz Ahmad yaitu perihal Asbab an-Nuzûl dari surat tersebut. Ia mengatakan bahwa kenapa Allah meletakkan surat At-Takâtsur setelah surat Al-Qâri'ah? Di antara penjelasannya yakni, Allah bermaksud menjelaskan bahwa penyebab utama datangnya hari kiamat itu adalah kelalaian. Kelalaian ini bersumber utama dari sifat bermegah-megahan. 

Acara ini dihadiri pula oleh ketua satu Dewan Lintas Negara Odoj Pusat, Muhajir Muslim. Selain menjadi acara kajian perdana, KALQULUS juga menjadi acara 'launching'/pembuka berbagai rangkaian program Odoj Mesir di bawah kepemimpinan Ahmad Mundzir untuk semester ini.

Dalam sambutannya, ketua panitia pelaksana Widhy Ridho menyampaikan, "Alhamdulillah DPA Odoj Mesir 2018 untuk pertama kalinya mengadakan program KALQULUS di wilayah luar negeri. model program Odoj Mesir inj  mengikuti program program yg juga ada di Odoj Indonesia dan alhamdulillah dapat terlaksana dengan lancar, serta menjadi 'soft opening' program-program yg akan ada kedepannya, kemudian pesan saya kepada kita bahwasanya ODOJ bukan hanya menjadi tempat laporan tilawah, namun Odoj juga merupakan komunitas pencinta Alquran yang didalamnya terdapat ukhuwah dan amal jama'ah. Kenapa mesti laporan dan kenapa mesti bersama-sama?  Karena sebuah hal yang di lakukan secara jamaah akan menjadikannya lebih konsisten dan istiqomah, berbeda jika di lakukan sendiri-sendiri," pesan ketua panitia pelaksana dalam sambutannya .

Ketua Odoj Mesir pun menyatakan  bahwasanya program KALQULUS merupakan salah satu refleksi dari tiga pilar Odoj yaitu, tilawah istiqomah, ukhuwah, dan ilmu yang bermanfaat, juga Insyaallah kedepannya, akan diadakan juga acara acara yg luar biasa," sambut ketua Odoj Mesir ini. 

Gubernur KPMJB,  Yudha Meilana mengatakan "Saya mengucapkan terima kasih telah memenuhi undangan kerjasama KPMJB dan Odoj mesir untuk seluruh hadirin, serta apresiasi untuk empat tahun Odoj Mesir yang sampai saat ini masih berkembang dan selalu ada menemani tilawah 'Masisir', mengingat memoar tahun-tahun lalu saat awal-awal berdirinya Odoj Mesir yang saya juga termasuk bagian dari mereka dulunya, dan semoga acara perdana ini tetap lancar dimudahkan serta diberkahi dalam setiap perjalannya," sambut Gubernur KPMJB menyambut acara ini.

Reporter: Yusuf Abdullah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar