Adakan Workshop Terjemah, IKPM Kairo dan PPMI Mesir Bangkitkan Gelora Menerjemah Masisir - Informatika Mesir

Breaking

Senin, 19 Februari 2018

Adakan Workshop Terjemah, IKPM Kairo dan PPMI Mesir Bangkitkan Gelora Menerjemah Masisir

Red: Dr Ahmad Ezaby dan Iskandar Zulkarnaen sebagai moderator dalam acara workshop terjemah

Informatikamesir.com – Dunia terjemah Masisir kembali bergelora setelah IKPM Kairo bekerja sama dengan PPMI Mesir selenggarakan workshop pelatihan terjemah di Aula Daha KMJ, Madinat Nasr, Kairo, Senin (19/2/2018). Panitia penyelenggara menghadirkan Dr Ahmad ‘Ewadh Ahmad El Ezzaby, Ketua Jurusan Bahasa Inggris di Fakultas Bahasa dan Terjemah, Universitas Al Azhar.

Turut hadir dan memberikan sambutan Wakil Presiden PPMI Mesir, Fakhri Emil Habib, dalam sambutannya dia menghimbau bahwa acara  workshop Masisir untuk memperhatikan dan mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari acara ini. Karena kemampuan menerjemah adalah salah satu alat memahamkan umat, “Salah satu tujuan menerjemah adalah untuk faham dan memahamkan umat tentang teks agama secara benar. Jangan cuma cari sertifikat!”, tambahnya.

Acara yang berdurasi kurang lebih dua jam ini dimanfaatkan oleh Dr Ahmad menjelaskan konsep-konsep menerjemah teks secara umum. Menurutnya, pada dasarnya seorang penerjemah harus memahami dua hal: Pemahaman terhadap teks dan pemahaman dua bahasa secara komprehensif beserta budayanya. Lebih lanjut lagi beliau menjelaskan seorang penerjemah yang baik diharapkan mengetahui mengapa dia menerjemahkan teks itu dan siapa yang akan membaca teks terjemahannya.

Bana Fatahillah ketua panitia menuturkan agenda pelatihan terjemah ini telah dibicarakan sejak dua minggu lalu oleh beberapa orang dari IKPM. “Senin dua minggu yang lalu kita sepakat dengan Duktur Ahmad untuk menginisiasi acara ini.” Sambil mengutip pesan Yusuf Al Amien, ia menambahkan bahwa pada intinya acara ini ingin memunculkan forum belajar terjemah di ranah Masisir, yang ana sudah jarang dan bahkan sudah tidak ada lagi.

Salah satu peserta Qurratul ‘Aini, berkomentar bahwa acara ini bagai pintu bagi Masisir yang memiliki kecenderungan untuk bisa menerjemah, terlebih panitia langsung menghadirkan pakar di bidangnya. “Selama ini kita punya kunci (red:bahasa) tapi masih belum tahu pintu untuk memulainya (red:terjemah), nah ini kita dikasih pintu oleh pakarnya langsung. Pokoknya kita tunggu follow up 
dari acara ini!” seru mahasiswi yang kini diberi amanah sebagai ketua keputrian IKPM ini.

Acara diakhiri pukul 5 waktu Kairo, selain itu pada acara ini turut disahkan FORTER (Forum Terjemah) IKPM oleh Dr Ahmad. Diharapkan dari forum ini Masisir akan menghasilkan berbagai karya terjemah dari tangan Masisir.


Rep: Albi Tisnadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar