Ada Bagi-Bagi Buku di Seminar MKI, Berikut Daftar Pemenang Lomba Resensi Buku 'Menuju Kiblat Ilmu' - Informatika Mesir

Breaking

Sabtu, 03 Februari 2018

Ada Bagi-Bagi Buku di Seminar MKI, Berikut Daftar Pemenang Lomba Resensi Buku 'Menuju Kiblat Ilmu'

Dr. Muhammad Muhammad Imam Dawud dan Penulis Buku Menuju Kiblat Ilmu,  Cecep Taufiqurrahman dI Acara Seminar MKI, Sabtu, (03/02/2018). [Informatika/FW].

Kairo, Informatikamesir.com—Mengawali kegiatan termin 2, Kabinet Istimewa DP-KPMJB tahun 2017-2018 menggelar Seminar Ilmiyah bertajuk ‘Membekali Diri, Menjawab Tantangan Dakwah di Indonesia’ pada hari Sabtu (03/01) di Aula Pasanggrahan KPMJB di Hay Asyir. 

Tidak tanggung-tanggung, pembicara seminar kali ini adalah Dr. Muhammad Muhammad Imam Dawud, kepala Jam’iyah Ma’rifah, kepala Ma’had Mu’allimil Qur’an al-Karim sekaligus dosen di Universitas Canal Suez.

Seminar ini sebenarnya merupakan pemeriah dan daya tarik dari acara yang sesungguhnya yaitu lomba Presentasi Resensi yang merupakan lanjutan dari rentetan lomba menulis resensi buku MKI karya Cecep Taufikurrahman S.Ag., M.A yang sudah terlaksana pada bulan Desember tahun lalu.

Acara dimulai pada pukul 16.40 clt (40 menit lebih lambat dari waktu yang dijadwalkan) dengan diawali oleh presentasi dari para peserta hingga menjelang Magrib. Sebanyak 9 peserta maju mempresentasikan isi resensinya dalam waktu tak boleh lebih dari empat menit, mereka adalah M. Nuruddin, Azka Nahdi, M Iqbarriyana, M Iqbal Husaini, M Amin Ashshiddiqi, Resa Amelia Utami, Hidanul Achwan, Fauziyah Arif Islami dan M Jamaluddin.  
Setelah Magrib acara dilanjut oleh Seminar yang sebagian besar membahas tentang bagaimana mempersiapkan diri menghadapi tantangan dakwah setelah pulang ke Indonesia kelak, selebihnya adalah tentang bekal bagaimana menjawab tuduhan-tuduhan missionaris dan orang-orang atheis tentang isu-isu tidak benar seputar agama Islam yang menambah antusiasme hadirin untuk menyimak dengan lebih seksama, terbukti dengan lontaran pertanyaan dari para penanya terkait materi ini.

Acara ditutup dengan pembacaan nama para pemenang. “Setelah kami menimbang dan menilai resensi maupun presentasi dari para peserta sekalian, maka kami akan membacakan hasil dari penilaian kami," kata Lalu Turjiman Ahmad M.A sebagai juri kedua mewakili H. Aang Saeful Millah, M.A selaku Juri pertama. “Keputusan ini mutlak dan tidak dapat diganggu gugat," imbuhnya di akhir pengumuman nama-nama para pemenang dari urutan 11 sampai juara yang menyatakan bahwa semua peerta mendapatkan urutan juara. Kemudian dilanjut dengan sesi foto bersama para juara dan pengisi seminar serta penulis buku MKI.

Berikut daftar urutan juara dalam lomba resensi buku Menuju Kiblat Ilmu:

1. Hidanul Achwan
2. M nuruddin
3. Resa Amelia Utami
4. Azka nahdi
5. M iqbarriana 
6. M Jamaluddin
7. Amin ash Shidiqi
8. M iqbal Hussein
9. Fauziyah Arif islami
10. Safira
11. Imron

Sesuai edaran, pemenang pertama dan kedua mendapat sepaket ensiklopedia Bayan al-Islam sebanyak 25 jilid karangan Dr. Muhammad Dawud, sedangkan para peserta yang hadir semuanya mendapat buku karangan Dr. Muhammad Dawud berjudul ‘Azizy al-Insan sebagai hadiah.

 “Harapannya lomba ini bisa diikuti oleh sebanyak-banyaknya Masisir, terutama warga KPMJB sebagai tuan rumah dan pelaksana lomba ini, namun peserta yang berkontribusi hingga batas akhir lomba hanya sebanyak 11 orang, dari mulai mahasiswa baru, sampai mahasiswa Pasca Sarjana ada yang ikut, Alhamdulillah," imbuh Cecep Taufiqurrrahman selaku penggagas dan tokoh dibalik terselenggaranya lomba tersebut.

Terkait pemilihan waktu lomba resensi, banyak pihak yang menganggap kurang tepat karena diadakan menjelang ujian termin 1 Al-Azhar yang membuat minimnya peserta yang ikut berpastisipasi, padahal peminatnya terbilang lumayan banyak seperti kata S. Yudhistira, mahasiswa fakultas Ushuluddin tingkat 2 saat ditanya, “Pengen ikut, sih. Cuman, mepet ujian, euy.”

Reporter: Fathul Wadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar