Namanya Ditulis di Broadcast 'Hoax', Begini Reaksi Pangeran Arsyad - Informatika Mesir

Breaking

Rabu, 31 Januari 2018

Namanya Ditulis di Broadcast 'Hoax', Begini Reaksi Pangeran Arsyad


Pangeran Arsyad saat memberikan sambutan sebagai Presiden PPMI Mesir pada acara silaturahmi bersama pemilik retail Ragab Son, Muhammad Ragab,  di Sahah Indonesia, Darrasah, Kairo pada November 2017. [Dok. FB Pangeran  Arsyad Ihsan Nulhaq]
Kairo, Informatikamesir.com – Sampai saat ini, belum diketahui motif apa dan siapa penyebar broadcast ’hoax’ atau ‘fake news’ (berita bohong) yang mengatasnamakan PPMI Mesir. Dalam broadcast tersebut, nama Pangeran Arsyad ditulis sebagai narahubung open recruitment panitia Musabaqah Tilawah Al-Qur’an (MTQ) Internasional yang akan diadakan di tahun 2018 ini. Presiden PPMI Mesir ini pun merasa kaget ketika ada seseorang yang mencoba bertanya kepadanya. 

”Assalamu’alaikum ustadz. Masih bisa ustadz?” Tanya seseorang yang nomor hp-nya diberi coretan merah sambil mengirimi Pangeran broadcast terkait. 

“Itu siapa yang bikin?” Jawab Pangeran dengan heran. 

”Ini hoax, saya tidak pernah buat pernyataan seperti ini,” tulisnya di ‘Whatsapp Status’ sambil membagikan screenshot broadcast tersebut pada Rabu (31/01/2018). 

Ketika kru Informatika mencoba menghubungi, Pangeran mencoba bersikap bijaksana kepada pembuat dan penyebar hoax tersebut. Meski kalau dibaca, sepintas  broadcast tersebut seolah mengisyaratkan sindiran kepada Pangeran agar punya kerjaan atau bisa jadi mencoba merendahkan kedudukannya sebagai orang nomor satu bagi mahasiswa Indonesia  di Kairo, Mesir ini. 

“Gak apa-apa, usil aja nih orang bikin bc. Biarkan saja,” jawabnya dengan bijak saat dimintai tanggapan. 

Berikut isi broadcast ‘hoax’ tersebut:

“Assalamu’alaikum wr.wb. Berhubung PPMI akan mengadakan MTQ Internasional. Kami akan membuat perekrutan kepanitiaan MTQ Internasional untuk teman-teman Zaahera’17. Info lebih lanjut hubungi Cp: Pangeran Arsyad Ihsanul Haq 01121668675. NB: Kuota Terbatas”.
Screenshot watsapp status Pangeran Arsyad. [Informatika/AFA]
Pangeran mengatakan, perekrutan panitia sepenuhnya akan diserahkan kepada Ketua MTQ terpilih. Sedangkan waktu pelaksanaannya sendiri akan dilaksanakan pada bulan Maret 2018.  

“MTQ Internasional insya Allah akan PPMI Mesir adakan di bulan Maret. Adapun BC yang mengatasnamakan saya, itu tidak benar. Untuk perekrutan panitia dilakukan oleh Ketua MTQ , bukan saya,” tulis Pangeran mengklarifikasi broadcast ‘hoax’ yang mengatasnamakan dirinya. 

Berdasarkan rilis PPMI Mesir di instagram @ppmimesir pada 23 Januari 2018, DP PPMI Mesir dalam rangka mewujudkan visinya sebagai Kabinet Progressif, “Membentuk Daya Saing Masisir dalam kancah Internasional”, telah merancang sebuah program yang berdasarkan rilis tersebut adalah program positif. Pada program ini PPMI Mesir menggandeng IPQI (Ikatan Pecinta Qur’an Internasional) dengan menyelenggarakan lomba MTQ Internasional pada Maret 2018 mendatang yang diproyeksikan akan diikuti oleh mahasiswa/i dari 8  negara yang berbeda. 

Reporter: Abdul Fatah Amrullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar