Mawar ICMI Kairo Selenggarakan Training Intensif Ilmu Mawaris di Kairo - Informatika Mesir

Breaking

Minggu, 10 Desember 2017

Mawar ICMI Kairo Selenggarakan Training Intensif Ilmu Mawaris di Kairo

Pose acara penutupan Training Intensif Mawaris oleh Madrasah Mathaliul Anwar Orsat ICMI Kairo di Aula KMJ, Distrik 10th, Madinah Naser, Kairo. [Foto Madrasah Mathaliul Anwar Orsat ICMI Kairo]

Kairo, Informatikamesir.com – Mawar adalah singkatan dari Madrasah Mathaliul Anwar, sebuah lembaga yang fokus pada pengajaran ilmu alat bahasa Arab. Madrasah ini merupakan lembaga kajian yang juga dinaungi oleh Organisasi Satuan Ikatan Cendekiawan Muslim (Orsat ICMI) Kairo. Pada tanggal 25 November – 05 Desember 2017 Mawar menyelenggarakan  Training Intensif Mawaris selama sepuluh hari bekerjasama dengan KPJ, KMNTB, KMM, Rumah Syari’ah , Sema FSI dan FS Al-Makki di empat tempat yang berbeda  yakni Distrik 10th (Aula KPJ), Rab’ah Adawiyah (Wisma Nusantara) dan Darrasah (Rumah Syariah dan Forsilam). Training dimulai pukul 13.00 CLT setiap harinya dan berakhir pukul 15.30 CLT.

“Pada awal berdirinya, Mawar hanya terkonsentrasi pada ilmu Nahwu dan Sharaf. Tetapi kemudian berkembang dengan membuka pelatihan untuk salah satu cabang ilmu Fikih yaitu ilmu Mawaris atau ilmu Faraidh,” ujar Fadil Rahman Arha, Lc., Direktur Mawar ICMI Kairo.

“Training Intensif Mawaris adalah kajian rutin yang diadakan setiap tahun. Training ini biasanya diadakan 2 bulan sebelum ujian termin satu Al-Azhar dan dibuka untuk seluruh Masisir. Mayoritas pesertanya adalah tingkat tiga jurusan Syariah, dikarenakan materi tersebut akan diujiankan di termin satu,” lanjut Fadil.

Menurut sarjana S1 Al-Azhar asal Padang ini, Mawar mempunyai metode penguasaan bagan yang berbeda dengan yang lain, sehingga ilmu Faraidh yang bagi sebagian orang dianggap rumit menjadi mudah. Metode ini merupakan warisan dari ustaz Khotibul Umam yang pernah menjadi aktivis kajian Mawar.

Di antara materi yang diajarkan pada training ini adalah penguasaan bagan warisan, bagian-bagian ahli waris & syarat masing-masing, 'ashabah, hajb, 'umariyah, musytarokah, 'aul, rad, warisan kakek dan saudara, akh mubarok, akh masy`um, warisan haml-khuntsa-mafqud-hadma-gharqa-, munasakhat, dzawil arham, warisan anak hasil zina dan li'an, washiyah wajibah, takharuj, dll.
Pose acara penutupan Training Intensif Mawaris oleh Madrasah Mathaliul Anwar Orsat ICMI Kairo di Aula KMJ, Distrik 10th, Madinah Naser, Kairo. [Foto Madrasah Mathaliul Anwar Orsat ICMI Kairo]

Selain mengadakan Training Mawaris di berbagai lembaga dan organisasi seperti almamater, kekeluargaan dan afiliatif, Mawar juga membuka kajian regular yang dibimbing oleh para pakar aktivis kajian Mawaris Madrasah Mathaliul Anwar ICMI Kairo.


Rep. Abdul Fatah Amrullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar