Komunitas Odoj Mesir Selenggarakan Seminar Alquran Mengangkat Tema "Alquran Teman Mumtazku" - Informatika Mesir

Breaking

Sabtu, 02 Desember 2017

Komunitas Odoj Mesir Selenggarakan Seminar Alquran Mengangkat Tema "Alquran Teman Mumtazku"

Ustadz Zulfi Akmal sedang mengisi seminar di hadapan peserta Musyawarah Area (Musrea) & Silaturahmi Akbar  (Silatbar) komunitas Odoj Mesir didampingi Yusuf Abdullah sebagai moderator pada Sabtu (02/12). [Foto Informatika Mesir / M. Habiburrahman]


Kairo, Informatikamesir.com -- Mendekati ujian termin satu Universitas Al-Azhar Mesir, komunitas ODOJ (One Day One Juz) Mesir sukses adakan seminar rohani pada Sabtu (02/12) dan mendapatkan apresiasi besar dari Masisir (Mahasiswa Indonesia di Mesir). Acara ini bertempat di Aula Darul Hasan, KMJ, Distrik 10th, Madinah Naser, Kairo dengan mengangkat tema "Alquran Teman Mumtazku". 

Seminar ini banyak memantik semangat peserta untuk lebih mendekatkan diri dengan Alquran karena Alquran sebagai pondasi keilmuan seorang muslim dan juga pedoman dalam menghadapi ujian.

Seperti yang disampaikan oleh ustaz Zulfi Akmal, Lc. MA sebagai pembicara pada seminar ini, "Keilmuan seseorang itu diibaratkan sebuah bangunan, apabila kita meletakkan Alquran dan Hadits bagaikan pondasi dan ilmu bahasa bagaikan semen yang merekatkan bangunan tersebut, tingkat keilmuan kita akan semakin tinggi." Ia juga mengatakan, semakin banyak waktu berinteraksi dengan Alquran, maka dengan keberkahannya akan semakin mempermudah dalam memahami diktat kuliah. 

Selain itu, Master di bidang Tafsir Alquran ini juga berbagi tips dalam membersamai Alquran, ia mengatakan, menghafal Alquran itu sejatinya harus disertai dengan kesadaran dan menghadirkan hati di dalamnya. Maka kelak akhlak penghafalnya akan seperti Alquran karena akhlak Rasulullah pun Alquran. Beliau juga menyampaikan bahwa  keilmuan seorang Azhari  belum sempurna jika belum hafal Alquran.

Selain bertujuan mengajak Masisir untuk lebih dekat dengan Alquran, seminar ini juga bertujuan mengenalkan Odoj secara lebih luas lagi. Acara seminar ini merupakan bagian dari rangkaian Musyawarah Area (Musrea) dan juga Silaturahmi Akbar  (Silatbar) komunitas Odoj Mesir. "Selain mengadakan seminar, kita juga bertujuan untuk mengenalkan Odoj kepada Masisir. Kita juga berencana nantinya akan membuka rekrutmen bagi yang ingin bergabung dengan Odoj," ujar Muhammad Rasyid Abdurrahman selaku ketua panitia seminar. 

Usai seminar, acara dilanjutkan dengan pelantikan dewan pengurus Odoj Mesir periode 2017/2020 oleh ketua umum Odoj Pusat di Jakarta dan Ahmad Munzhir resmi terpilih sebagai ketua baru. Terakhir, Rasyid berharap agar pengurus baru odoj mampu memberikan kontribusi terbaik mereka dan menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya. "Saya berharap kedepannya, pengurus Odoj ini bisa mencapai target-target yang telah dibuat pada awal masa jabatan, dan harapan saya juga kepada Masisir, semoga bisa ikut serta dengan visi-misi kita yaitu membumikan Alquran, dan juga semoga Odoj bisa menjadi sahabat bagi Masisir."

Rep. Mufida Afiya - Nurul Khalida 
Red. Abdul Fatah Amrullah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar