Rayakan Ulang Tahun ke-3, Rumah Tahfidz Mesir Adakan Sima'an 30 Juz - Informatika Mesir

Breaking

Senin, 20 November 2017

Rayakan Ulang Tahun ke-3, Rumah Tahfidz Mesir Adakan Sima'an 30 Juz

Pembacaan Alquran dalam rangkaian peringatan hari jadi ke-3 Rumah Tahfidz Mesir (RTM), Minggu (19/11). [Sumber RTM/Ahmad Faqih]

Kairo, Informatikamesir.com – RTM (Rumah Tahfidz Mesir) mengadakan program sima’an 30 juz sebagai salah satu usaha peringatan hari jadinya. Program ini merupakan inovasi baru yang disuarakan dari ketua putri RTM ke-4 yang baru dipilih 8 November ini. “Ini merupakan acara sima’an RTM pertama, yang tuntas dilakukan 30 juz. Dari pukul 06.05 hingga jam 01.00 hari berikutnya” ujar Abdul Aziz, demisioner ketua RTM yang pertama.

Ilma menyebutkan dalam kumpul internal anggota mukin RTM, bahwa acara ini memang akan dilaksanakan 2 hari, karena diperkirakan 30 juz tidak akan selesai dalam sehari.

“Aku anggarin waktu 45 menit untuk setiap juz, karena kalau sima’an 5 juz mingguan kan anak-anak biasa menghabiskan waktu 30 menit. Untuk jaga-jaga, kita anggarkan 25 juz di hari pertama dan 5 juz di hari kedua, baru malam kita mulai haflah seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya saat ditanya salah satu kru Informatika.

Acara (18/11) digelar tepat pukul 06.05 oleh pembaca juz pertama Adinda Purbowati, kemudian dilanjutkan oleh petugas baca, beberapa memperoleh jatah membaca satu juz dan beberapa setengah juz karena jumlah anggota mukim yang lebih dari 30 orang. Pembacaan bil ghoib selesai tepat pada 00.45, dilanjutkan dengan pembacaan doa bersama oleh al-Ustadz Muhamad Azwar Anas, ustadz pembimbing RTM.

“Kita bisa baca lebih cepat dari target mungkin karena dibaca dan disimak bareng-bareng. Karena ketika bareng-bareng, membaca 30 juz yang kayaknya nggak mungkin satu hari itu menjadi mungkin. Aku ngerasain, adanya temen dan adanya suasana itulah yang menyebabkan kita kuat baca dan nyimak dari jam 6 pagi sampai jam satu malam,” ujar Neneng Kholilah, demisioner ketua RTM pertama selepas acara.

 “Coba kalo sendiri, mungkin baca satu juz sehari di Ramadhan aja alhamdulillah, padahal bulan penuh berkah,” lanjutnya.

Malam berikutnya, (19/11) acara belum berakhir, karena ketua panitia Haflah Milad RTM ke-3, M. Saiful Bahri dan Aulia Humairah mencanangkan adanya Haflah. Acara haflah dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh Ahmad Nur Amali, salah satu qâri’ RTM yang sedang menempuh Pendidikan pascasarjananya.

Acara dilanjutkan dengan sambutan ketua Panitia, ketua RTM putra dan putri, dan wejangan dari al-Ustadz Muhamad Azwar Anas selaku pembimbing RTM saat ini. Dalam wejangannya Ustadz Azwar membantah yang dikatakan  panitia bahwa haflah kali ini lebih sepi dari tahun-tahun sebelumnya.

“Yang saya lihat, jumlah peserta tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu. Mungkin yang membedakan adalah jumlah undangan yang disebar, tahun ini lebih sedikit. Bedanya lagi, kalau tahun lalu ada perwakilan PPMI yang hadir tahun ini tidak”. Ia juga memaparkan, bahwa ada tamu undangan merasakan perbedaan hawa yang tercipta dari perayaan tahun ini dan tahun sebelumnya.

Acara dilanjutkan dengan penampilan berupa musikalisasi puisi oleh beberapa anggota RTM, kuis, tebak ayat, pembagian door prize dan hadiah. Hadiah diperuntukkan  bagi peserta sima’an terbaik, yaitu Ikrimah Fajri, Hafidhoh Husna, Ahmad Faqih dan M. Syihabuddin. Selanjutnya, penobatan Santri dan Santriwati RTM of the year yang diraih oleh M. Nu’man Farisi dan Umi Nadhiroh Fitriyyah. Setelah pemotongan tumpeng secara simbolis, acara diakhiri dengan makan dan nonton video bersama.

Rep. Vivi Nofiyantika
Red. Abdul Fatah Amrullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar