IKPM Cabang Kairo Adakan Seminar Thuruq Manhajiyyah - Informatika Mesir

Breaking

Selasa, 31 Oktober 2017

IKPM Cabang Kairo Adakan Seminar Thuruq Manhajiyyah


Kairo, Informatika Mesir -- Senin (30/10) IKPM Cabang Kairo mengadakan seminar keilmuan  bertajuk 'Manhajiyatu Ta’allum' yang diampu oleh Syeikh Musthafa Ridha Al Azhary. Seminar ini berlangsung selama dua hari hingga Selasa (31/10), di Aula Limas, Madinat Nasr, District 10. Sore itu Aula Limas padat oleh mahasisiwa Indonesia di Mesir yang mayoritas dihadiri oleh mahasiswa baru.

Acara yang berlangsung kurang lebih dua jam itu diisi dengan pengenalan metode pembelajaran yang dianut oleh Al Azhar, yaitu aqidah ahlus sunnah wal Jama’ah dengan ajaran Imam Abu Hasan Al Asy’ari, menganut salah satu dari ke empat Mazhab fiqh yang telah disepakati oleh ulama (Ijma’), dan berakhlak mulia (tashawwuf) yang jauh dari ajaran khurafat dan bid’ah yang dalam naungan Al Quran dan As Sunnah.

Syeikh Mustafa juga menjelaskan peta pemikiran seorang pelajar ilmu syar’I dan tempatnya diantara ilmu-ilmu lainnya. “Ilmu Syar’i  itu berada dibawah poros Ilmu Kulliyah bersama Ilmu Fisik, Ilmu Metafisik, Ilmu Humaniora.” Selain itu Syeikh juga menjelaskan prinsip, syarat dan rukun seorang penuntut ilmu syar’i.

Di kesempatan lain Syeikh Musthafa menjelaskan bahwa pentingnya seorang pelajar ilmu syar’i untuk mengetahui metode belajar yang tepat sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh para ulama Al Azhar. Panitia juga menyediakan stand pembelian dua buku karangan Syeikh Musthafa Al Azhary yaitu Thuruq Manhajiyyah dan sebuah Novel Sayyiduna, kedua buku tersebut bisa dibawa pulang dengan harga 50 Le.

Seminar kedua akan kembali dilaksanakan sore ini (31/10) di tempat yang sama pada pukul 15.30 selepas salat Ashar. Panitia menekankan bahwa para peserta yang telah terdaftar agar datang tepat waktu.

Rep: Albi Tisnadi
Red: Abdul Fatah Amrullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar