Besok, 24 Oktober 2017 Orsat ICMI Kairo Akan Mengadakan Musyawarah Satuan (Musyat) XI - Informatika Mesir

Breaking

Senin, 23 Oktober 2017

Besok, 24 Oktober 2017 Orsat ICMI Kairo Akan Mengadakan Musyawarah Satuan (Musyat) XI

Gambar DG oleh Fathul Wadi

Kairo, Informatika Mesir - Senin, (23/10/2017) Organisasi Satuan  Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (Orsat ICMI) Kairo yang membawahi empat departemen berikut bidang-bidangnya seperti bidang Keilmuan, Minat, Media, dan Pengembangan Usaha yang selama ini eksis berkontribusi untuk  mahasiswa dari berbagai negara di Mesir akan menyelenggarakan Musyawarah Satuan (Musyat) XI 2017 di Aula Wisma Nusantara, Rabah, Madinah Naser, Kairo, Selasa (24/10). Musyat ini merupakan agenda laporan informatif sebagai bahan evaluasi dan pemilihan ketua umum baru untuk kemajuan Orsat ICMI Kairo.

Pada tanggal 16 Oktober, atas prakarsa Plt. ICMI Kairo, Ahmad Budiman, Lc., Dipl., segenap pengurus harian dan pengurus bidang yang berada di bawah naungan ICMI Kairo seperti Afanin, Pakeis, Informatika, Mawar, FLT, Samahta diundang hadir untuk membahas agenda yang seharusnya diadakan dua tahun sekali ini.

“Aturannya Musyat ini 2 tahun sekali sebagaimana periode-periode sebelumnya, misalkan periode 2011 ke 2013,” tutur Ahmad Budiman di Ruang VIP PMIK Wisma Nusantara.

Tidak seperti tahun 2011 yang dihadiri oleh pendiri ICMI langsung, B.J. Habibi, Presiden ke-3 Republik Indonesia dan Musyat 2013 yang diselenggarakan secara besar-besaran dimana pra-Musyat biasanya diadakan expo dari keluarga ICMI, Musyat 2017 ini hanya akan dilaksanakan sederhana saja, mengingat beberapa hal seperti kepulangan pengurus, kevakuman beberapa bidang dan beberapa permasalahan lainnya.

“Biasanya, Musyat ini agenda besar ICMI Kairo dan juga ajang dakwah, namun daripada lama dan kita berharap evaluasi sekaligus kita berharap masukan di acara kita ini, maka kita adakan acara dengan sederhana saja,” terang Abdullah Muttaqin R. Lc., yang juga PLt. Orsat ICMI Kairo sebelum Ahmad Budiman.

Pada Musyat X 2013, Bitoh Purnomo, Lc., terpilih sebagai Ketua Umum, namun karena udzur, ia harus meninggalkan Mesir padahal belum ada pergantian pengurus baru, pada akhirnya Abdullah Muttaqin R., ditunjuk menjadi Plt., namun setelah berlangsung selama satu tahun, jabatan ini kembali diserahkan kepada Ahmad Budiman karena Plt., sebelumnya harus meninggalkan Mesir juga.

Di dalam strukturnya, Orsat ICMI Kairo terdiri dari Penasehat, Dewan Pakar, Ketua Umum, Wakil Ketua Sekretaris dan dibantu empat departemen berikut bidang-bidang yang berada dalam nanungannya, diantaranya :

1. Departemen I, Keilmuan & Kepakaran. Departemen ini membawahi bidang Kajian Literatur (FTL), Kajian Ekonomi Islam (PAKEIS), Kajian Informasi dan Politik (CIMAS) dan bidang Kajian Pemikiran (MASIKA).
2. Departemen II, Pengembangan Minat & Bakat. Departemen ini membawahi bidang Intelektual Wanita, Pengembangan Rohani (Abdika), Pengembangan Seni Islam (Afanin) dan bidang Terjemah dan Pustaka (Samahta).
3. Departemen III, Media & Komunikasi. Departemen ini membawahi bidang Penerbitan Buletin (Informatika), Madr. Nahwu Mathali’ul Anwar dan Mawaris (Mawar) dan bidang English Study Club.
4. Departemen IV, Keuangan & Pengembangan Usaha. Departemen ini membawahi bidang Sirkulasi Keuangan, Usaha dan bidang  Pengawasan Wisma Nusantara.

Rep. Abdul Fatah Amrullah
Red. Albi Tisnadi Ramadhan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar