Dewan Redaksi Hidayatullah.com Berbagi Tips Menerjemahkan Berita Bahasa Arab di Kairo - Informatika Mesir

Breaking

Selasa, 19 September 2017

Dewan Redaksi Hidayatullah.com Berbagi Tips Menerjemahkan Berita Bahasa Arab di Kairo


Informatika Mesir, Kairo - Dewan Redaksi Majalah Suara Hidayatullah dan Hidayatullah.com, Ustaz Toriq,  Lc., Diplom., mengatakan bahwa kemampuan menerjemahkan berita tidak dimiliki oleh semua orang, meski orang tersebut kuliah di negeri Arab. Menurutnya, kemampuan menerjemahkan ini akan diperoleh jika seorang telah melalui proses yang berkesinambungan.

"Mahasiswa Timur Tengah sudah seharusnya bisa menerjemahkan berita bahasa Arab," tuturnya di Aula KPMJB, Madenat Nasr, Kairo, Selasa, (19/09).

Pada kesempatan kelas menulis yang diselenggarakan oleh pengurus Buletin Manggala KPMJB, wartawan yang memulai karirnya pada 2006 silam ini banyak berbagi tips kepada para peserta untuk bisa menerjemahkan berita secara mandiri.

Diantara proses awal bagi orang yang berkeinginan untuk bisa menerjemahkan berita bahasa Arab yaitu dengan membiasakan membuka situs-situs daring berbahasa Arab. Menurutnya, ini adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi.

Selanjutnya dengan menguasai ilmu dasar-dasar jurnalistik seperti   nilai dasar berita ; aktual, faktual, menarik dan unik.  "Jurnalistik adalah ilmu memperoleh, menyaring dan menyampaikan informasi," imbuhnya.

Lebih lanjut, alumnus Al-Azhar jurusan Syari’ah Islamiyah 2006 ini mengatakan, ketika dua proses ini sudah dikuasai, maka harus dibiasakan latihan menerjemahkan berita minimal satu hari satu berita.

Wartawan asal Jombang, Jawa Timur yang juga mahasiswa Pascasarjana Universitas Zamalek ini tidak lupa memberi motivasi kepada para peserta, ia mengatakan bahwa ketika ada kemauan yang kuat, maka siapa saja bisa dengan mudah menerjemahkan berita berbahasa Arab.

"Proses terjemah berita ini sulit  pada permulaan, bisa menghabiskan tiga jam untuk satu berita, itu hal wajar, lama-lama ketika perbendaharaan kata sudah memadai, satu kali duduk bisa menerjemah sampai 3 berita, dengan waktu yang singkat," terangnya.

Rep. Abdul Fatah Amrullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar