PPMI Mesir Selenggarakan Festival Kemerdekaan Masisir dalam Rangka Peringati HUT RI ke 72 - Informatika Mesir

Breaking

Jumat, 18 Agustus 2017

PPMI Mesir Selenggarakan Festival Kemerdekaan Masisir dalam Rangka Peringati HUT RI ke 72

Red : Masisir berfoto bersama setelah berlomba dalam rangka HUT RI ke 72

Informatika Mesir -Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesi (PPMI) Mesir mengadakan acara Festival Kemerdekaan Masisir 2017 dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-72 di Nadi Central 2 Zahro, Kairo, Mesir, Kamis (17/08). Festival ini diramaikan oleh ketua kekeluargaan Nusantara, mahasiswa, dan masyarakat Indonesia yang berada di Mesir.

Acara ini bertemakan Semangat Bhinneka untuk Masisir Berjaya Sosial dan Hiburan. Dan merupakan yang pertama kali diselenggarakan PPMI Mesir semenjak dilantiknya Kabinet Progresif beberapa pekan silam. Festival ini berisikan perlombaan-perlombaan rakyat yang biasa ada di Indonesia seperti lomba balap karung, lomba makan kerupuk, lomba mencari koin dalam tepung, lomba futsal sarung, lomba tarik tambang, dan beberapa perlombaan menarik lainnya.

Pangeran Arsyad Ihsanul Haq, Presiden PPMI Mesir, dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai rakyat Indonesia yang berada di Mesir, seharusnya merasa bangga karena dapat mengenal lebih jauh sejarah pendahulu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sebagaimana diketahui, Mesir pada saat itu menjadi salah satu Negara yang pertama kali menyatakan kemerdakaan atas Indonesia.

Sementara itu, Rifki Ramadhani selaku ketua panitia secara tegas menyampaikan dalam sambutannya, ia berharap dengan diadakannya acara festival seperti ini dapat menghasilkan Masisir yang lebih berjaya, lebih mencintai tanah airnya, juga ia mengharapkan agar acara ini tetap dijaga agar selalu eksis memeriahkan HUT RI di ranah Mesir. “kita disini berkumpul bukan untuk melihat acaranya seperti apa, perlombaannya seperti apa, tapi kita disini mencoba untuk sama-sama meneteskan keringat kita, meluangkan waktu kita untuk merayakan kemerdekaan Indonesia.” Tegasnya.

“Acara ini sangat berarti sekali, karena kita yang berada di luar negeri tidak cukup hanya mengadakan seremonial HUT RI yang di laksanakan di KBRI, Perlu diadakan acara yang bersifat kemasyarakatan. Maka, dengan diadakannya acara Festival Kemerdekaan 2017 ini menjadi kabar bahagia untuk kita semua selaku Masisir agar dapat kembali merasakan kemeriahan kemerdekaan sebagaimana kemeriahan di Indonesia.” Tutur Fahrizal Anwar selaku salah satu peserta perlombaan.

Terkait perlombaan yang disuguhkan berupa perlombaan-perlombaan rakyat dibanding perlombaan yang bersifat ilmiah, Pangeran Arsyad memaparkan bahwa ini merupakan upaya untuk menghadirkan atmosfir kekeluargaan di tubuh Masisir, juga Ia berharap ini akan meminimalisir perseteruan yang biasa terjadi dalam perlombaan yang lebih serius.

Selain itu ia juga menegaskan bahwa Masisir sudah sering berkecimpung dengan  talaqqi, berbagai kajian ilmu, berbagai perlombaan ilmiah lainnya di Mesir ini. Maka, dengan diadakannya perlombaan yang bersifat kemasyarakatan ini diharapkan bisa membuat seluruh elemen Masisir dapat langsung terjun dan kembali merasakan esensi kemeriahan perayaan HUT RI sebagaimana perayaan di Indonesia.

Walaupun didapati beberapa kendala oleh panitia seperti keterlambatan waktu acara, miss komunikasi antar panitia, dan beberapa kendala lainnya, namun hal ini dianggap lumrah oleh sebagian peserta karena kendala-kendala itu hanya berupa masalah-masalah sepele saja. Acara yang dipersiapkan kurang lebih 5 hari ini pun dapat berjalan dengan meriah meski dengan segala kekurangannya.

Rep : Habiburahman

Red : Fathul Wadi, Ibnu Idris


Tidak ada komentar:

Posting Komentar