Eksklusif Bersama Bung Ikhwan, Calon PPMI 1 Masa Bakti 2017-2018 - Informatika Mesir

Breaking

Selasa, 04 Juli 2017

Eksklusif Bersama Bung Ikhwan, Calon PPMI 1 Masa Bakti 2017-2018

Doc. Timses No. 2

Masisir harus memilih orang yang tepat dalam menahkodahi PPMI. Orang yang berpengalaman, independen, tegas dan mau bekerja. Karena PPMI organisasi yang sangat strategis. Jika Masisir melihat hal itu ada pada diri saya, maka datanglah ke TPS dan coblos nomor urut 2 (dua)”.
(Ikhwan Hakim Rangkuti)

Mengapa Anda mencalonkan diri sebagai Presiden PPMI Mesir, apa yang melatarbelakangi langkah Anda ini?

Karena adanya keinginan yang kuat untuk terus berkhidmah kepada masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang berada di bumi kinanah, Mesir. Berkhidmah sudah begitu mendarah daging pada diri saya, berkat tempahan dan didikan orang tua dan para guru –semoga Allah senantiasa menjaga mereka semua.

Keinginan inilah yang mendorong saya untuk berani mencalonkan diri menjadi Presiden PPMI. Disamping hal itu juga karena adanya anjuran dan dukungan dari para sahabat dan tokoh-tokoh Masisir untuk melanjutkan khidmah kami selama setahun belakangan. Sebab dengan menjadi Presiden PPMI, cakupan khidmah saya akan lebih luas, sehingga dapat dirasakan oleh lebih banyak umat Rasulullah SAW..

Lebih dari itu, sebagai organisasi induk, PPMI harus dikelola oleh orang yang berpengalaman, idependen, progresif, tegas dan berwibawa. Sehingga ia dapat memotret berbagai problematika Masisir, dan mampu mendiagnosanya secara tepat dengan solusi-solusi yang konkret, cepat, terukur dan dapat dipertanggungjawabkan. Karena PPMI bukan organisasi uji coba.

Apakah Anda sudah siap bersaing di pemilu PPMI Mesir  tahun ini?

Bagi saya hidup adalah tentang persaingan, jika memang diksi ‘persaingan’ ini dianggap tepat. Karenanya semua kita hakikatnya sedang ‘bersaing’  meski di dalam aspek-aspek kehidupan yang berbeda. Dengan mendaftarnya saya secara resmi sebagai capres Presiden PPMI, itu berarti saya sudah siap.

Apa saja persiapannya?

Persiapan yang paling penting bagi saya dan seluruh tim pemenangan adalah menata niat untuk benar-benar berniat berkhidmah kepada masyarakat. Kemudian setelah itu melakukan ikhtiar sewajar dan semampunya. Kami berusaha melakukan kunjungan ke beberapa kekeluargaan, afiliatif, almamater, komunitas kajian, sosial dan olahraga guna menjaring seluruh aspirasi Masisir, untuk selanjutkan ditindaklanjuti dengan solusi konkret yang terbaik untuk mereka semua.
Kami juga juga memberikan pemaparan yang komprehensif terkait visi dan misi kami yang ingin menjadikan PPMI sebagai organisasi induk Masisir yang kuat, idependen dan progresif.

Kalau ada Tim Sukses, apa saja program-program yang akan dipublikasikan oleh mereka untuk memenangkan pencalonan. Kemudian, apa saja program unggulan yang akan ditawarkan oleh Timses sebagai tim penerjemah visi dan misi?

Program-program unggulan :
  1. BT2MA ; Back to Masayikh, Back to Azhar
  2. Hallo Indonesia! (PPMI TV, Radio, Website, Aplikasi)
  3. Ormaba, Orpasa & Ensiklopedia Masisir
  4. Indonesian Games
  5. MTQ Nasional Jilid 2 PPMI Mesir
  6. Tri Dharma Universitas
  7. One Month One Masterpiece
  8. Maravillosa Indonesia
Menurut Anda, bagaimana organisasi PPMI hani ini dari sisi efektivitas dan kinerja, sukses apa jalan di tempat?

Sebagaimana halnya organsisasi lainnya, PPMI memiliki sejumlah prestasi yang perlu diapresiasi, dan kekurangan yang perlu dibenani. PPMI perlu lebih berani untuk melakukan sejumlah terobosan yang kadar kemanfaatannya dapat dirasakan oleh seluruh Masisir secara luas. PPMI juga harus memperkuat hubungan dengan pihak Al-Azhar, untuk melakukan kerjasama-kerjasama di bidang akademik yang bertujuan untuk meningkatkan keilmuan seluruh civitas akademika yang berada di lingkungan Masisir. Karena Al-Azhar adalah kiblat ilmu dan Mesir adalah samudera hikmah.

Apa tolok ukur kesuksesan sebuah organisasi?

Organisasi yang sukses adalah yang dapat memberikan lebih banyak manfaat baik bagi anggotanya maupun masyarakat secara umum. Karena, sebagaimana sabda Rasulullah SAW., manusia terbaik adalah yang paling banyak manfaatnya bagi sesama.

Di tubuh PPMI sekarang, apa saja yang perlu ditingkatkan?

Perlu untuk memperkuat kembali sistem SGS yang diterapkan di dalam tubuh PPMI saat ini, dengan mengoptimalkan semua organ yang berada di lingkup PPMI; MPA, BPA, DPP, dan Wihdah, kekeluargaan, afiliatif, almamater, dan komunitas kajian.

Yang tak kalah pentingnya, perlu meningkat sense of belonging seluruh Masisir terhadap organisasi induk ini. Sehingga, control and balance dalam berorganisasi berjalan dengan sangat baik.

Lantas, apa visi dan misi Anda?

Visi :
“Mewujudkan PPMI yang berintegritas, Bersinergi, Produktif, dan Dinamis”

Misi:
  1. Menguatkan kedaulatan dan independensi PPMI sebagai organisasi induk, poros utama pergerakan, dan wadah aspirasi Masisir.
  2. Menciptakan “kabinet bersama” dalam rangka menyatukan persepsi, persatuan dan kesatuan elemen Masisir yang dinamis.
  3. Meningkatkan sinergisme antara organisasi intra di lingkungan PPMI dan membangun kerjasama hubungan dengan berbagai pihak, stakeholder ataupun intensi di luar lingkungan PPMI Mesir.
  4. Menumbuhkembangkan gairah keilmuan, organisasi dan kepedulian sosial Masisir dalam berbagai aspek dengan senantiasa menjaga karakter mahasiswa dan Azhari yang moderat, berakhlak dan menebar manfaat.
  5. Menciptakan iklim positif dengan menghadirkan program serta kegiatan yang dapat meningkatkan minat dan bakat serta kemampuan yang dimiliki oleh Masisir.
  6. Membangkitkan semangat membaca, menulis, diskusi dan kajian sebagai dasar jati diri identitas mahasiswa.
Seumpama terpilih sebagai PPMI 1 nih, langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan untuk membumikan janji-janji kampanye kepada khalayak Masisir?

Jika memang Allah SWT. menakdirkan saya menjadi Presiden PPMI, maka dalam 30 hari pertama, saya akan memilih orang-orang terbaik di kalangan Masisir untuk turut berkhidmah dalam pos-pos penting di PPMI, guna mewujudkan seluruh program yang telah saya janjikan. Karena tanpa kerjasama dari seluruh elemen Masisir, program-program itu akan terhambat. Dan dalam rentang waktu tersebut, saya akan melakukan turba ke seluruh elemen Masisir guna menyatukan persepsi dan komitmen untuk saling bersinergi demi kemaslahatan Masisir.

Kemudian, saya juga akan merangkul orang-orang terbaik dalam lingkungan pasangan capres-cawapres nomor urut 1, untuk bekerjasama mewujudkan ide-ide cerdas yang sudah kami rencanakan, sehingga pesta demokrasi tahunan di kalangan Masisir tidak hanya menjadi ajang ‘persaingan’, namun dapat menjadi wahana untuk saling membantu demi memperkuat rasa persaudaraan di kalangan Masisir.

Misal tidak terpilih?

Jika tidak terpilih, saya akan segera memberikan ucapan selamat kepada pasangan terpilih, serta membuka diri untuk bersinergi dengan mereka kalau dibutuhkan. Saya juga tidak akan berhenti untuk terus berkhidmah kepada masyarakat/umat ini meski tidak di PPMI.

Terakhir, kenapa Masisir harus memilih Anda?

Masisir harus memilih orang yang tepat dalam menahkodahi PPMI. Orang yang berpengalaman, independen, tegas dan mau bekerja. Karena PPMI organisasi yang sangat strategis. Jika Masisir melihat hal itu ada pada diri saya, maka datanglah ke TPS dan coblos nomor urut dua. []Kru Informatika ORSAT ICMI Kairo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar