Eksklusif Bersama Bung Pangeran, Calon PPMI 1 Masa Bhakti 2017-2018 - Informatika Mesir

Breaking

Selasa, 04 Juli 2017

Eksklusif Bersama Bung Pangeran, Calon PPMI 1 Masa Bhakti 2017-2018

Doc. Timses No. 1

"Keaktifan saya sejak awal membuat saya telah berinteraksi dengan orang berbagai kalangan, sehingga saya bisa melihat dengan lebih luas apa yang diinginkan Masisir, bagaimana berkomunikasi dengan mereka. Kemampuan berkomunikasi oleh seorang pemimpin adalah syarat mutlak dalam kesuksesannya. Karena kemampuan berkomunikasi dengan baik adalah sebuah keharusan dalam komunitas manjemuk seperti ini".
(Pangeran Arsyad Ihsan Nulhaq)

Mengapa Anda mencalonkan diri sebagai Presiden PPMI Mesir, apa yang melatarbelakangi langkah Anda ini?

Ini adalah keterpanggilan hati dan dorongan dari kawan-kawan Masisir untuk membawa perubahan pada Masisir, atau setidaknya membawa lebih banyak kebaikan. Keaktifan saya sejak datang di Mesir pada 2012 telah memberikan gambaran yang jelas tentang PPMI. Dan saya pikir ada banyak hal yang perlu dimaksimalkan oleh PPMI Mesir karena ia adalah induk organisasi pelajar atau mahasiswa.

Saya ingin merekonstruksi lagi apa yang harus menjadi prioritas PPMI dan kebijakan-kebijakan apa yang perlu dicanangkan dan dijalankan dengan sungguh-sungguh, salah satu hal yang menurut saya harus dijadikan prioritas di PPMI Mesir adalah sisi akademik. Setelah hal ini terfasilitasi dengan baik berulah PPMI memberikan perhatian yang besar juga dalam ranah sosial, budaya dan olahraga.

PPMI adalah representasi dari Masisir di mata dunia, PPMI adalah wajah kita, wibawa Masisir bergantung pada pergerakan PPMI. Untuk itu PPMI haruslah diisi dengan orang-orang yang memiliki kompetensi yang mumpuni dan setidaknya dipimpin oleh orang yang telah aktif dan memahami PPMI. Dan alhamdulillah disekitar saya terdapat orang orang yang memilki kompetensi yang mumpuni unuk membawa misi perubahan ke arah kebaikan.

Apakah Anda sudah siap bersaing di pemilu PPMI Mesir  tahun ini?

Sudah

Apa saja persiapannya?

Visi, Misi Dan Program Unggulan kami rancang sedemikian rupa agar bisa menjawab kebutuhan PPMI dan Masisir, bukan hanya untuk satu tahun ke depan. Disamping itu kami rajin melakukan komunikasi dengan berbagai elemen Masisir untuk bertukar pikiran dan mendengarkan pendapat mereka, sehingga kami tahu apa yang diinginkan Masisir.

Kami pun berusaha memberikan teladan yang baik dalam pesta demokrasi, spirit kami, adu gagasan adu ide brilliant, maka kami hanya fokus menampilkan kreatifitas dalam packaging yang apik dan menarik terhadap keunggulan  kami dihadapan konstituen.

Kalau ada Tim Sukses, apa saja program-program yang akan dipublikasikan oleh mereka untuk memenangkan pencalonan?

Program program yang kami masukkan dalam list program unggulan.

Kmudian, apa saja program unggulan yang akan ditawarkan oleh Timses sebagai tim penerjemah visi dan misi?

1.       Al Bi’tsah Al Islamiyah
2.       Dauroh Ilmiyah
3.       Olimpiade Bahasa Dan Ilmu Islam
4.       Liga Masisir
5.       Wonderful Indonesia
6.       Tea Time
7.       Karya Anak Bangsa
8.       Seminar Inspirator Berdirinya Kulliyah Banat Al-Azhar

Menurut Anda, bagaimana organisasi PPMI hari ini dari sisi efektivitas dan kinerja, sukses apa jalan di tempat?

PPMI telah memberikan manfaat yang besar dan telah meraih kesuksesaan pada sebagian hal, dan belum di sebagian lainnya. Terutama peran PPMI dalam meningkatkan dan melejitkan potensi akademik dari Masisir. Karena biar bagaimanapun PPMI adalah induk organisasi “kemahasiswaan”, maka porsi sisi akademik harus ditingkatkan.

Apa tolok ukur kesuksesan sebuah organisasi?

Sejauh mana perananannya terhadap pengembangan potensi anggotanya, dan sejauh mana ia memiliki peranan bagi pihak luar organisasi.

Di tubuh PPMI sekarang, apa saja yang perlu ditingkatkan?

1.       Penguatan posisi tawar PPMI terhadap pihak-pihak luar dengan diplomasi yang efektif dan berwibawa.
2.       Penguatan struktur PPMI.
3.       Penguatan sumber pemasukan PPMI, yang sangat menopang independensi PPMI.
4.       Penguatan visi PPMI. PPMI harus berfikir global bukan saatnya lagi berfikir lokal.
5.       Efektifitas komunikasi dalam tubuh PPMI Mesir yang mencakup, MPA, BPA, DP, Kekeluargaan, WIHDADH, Almamater dan Afiliatif.

Lantas, apa visi dan misi Anda pada pencalonan Presiden PPMI ini?

Visi :
- Mewujudkan PPMI Sebagai Organisasi Unggul Dan Kompetitif.
- Masisir Edukatif Dan Prodduktif Serta Membumikan Nilai-Nilai Ke-Azharan.

Misi :
1.       Memaksimalkan kontribusi PPMI Mesir dalam berbagai ranah.
2.       Membentuk daya saing Masisir dalam kancah nasional dan international.
3.       Menyuburkan gairah keilmuan dalam tubuh Masisir.
4.       Menciptakan lingkungan yang menopang produktivitas Masisir.
5.       Mempererat hubungan dengan AL-Azhar secara institusi maupun personal.
6.       Optimalisasi Badan Usaha.

Seumpama terpilih sebagai PPMI 1 nih, langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan untuk membumikan janji-janji kampanye kepada khalayak Masisir?

Yang harus dilakukan adalah membangun paradigma  dan intens melakukan dialog baik secara formal maupun informal dengan segenap elemen masisir tujuannya menegaskan bahwa PPMI sebagai induk organisasi pelajar harus memprioritaskan sisi akademik dan harus bisa ikut serta mengemban amanat untuk membangun bangsa. PPMI mesir tidak boleh berfikir pekerjaannya hanya bisa dirasakan manfaatnya oleh anggotanya saja. Tapi dunia pun harus merasakannya. Jika Masisir bisa memahami hal ini, maka program-program yang saya canangkan akan lebih mudah dilaksanakan dan mendapat respon positif yang lebih besar.

Saya juga akan merangkul orang orang yang memiliki kompetensi yang mumpuni untuk bergabung bersama saya, membangun PPMI. Karena ide dan gagasan hanya akan tinggal menjadi sebuah wacana jika tidak ada orang yang capable yang melaksanakannya.

Namun sebelum mengerjakan program-program unggulan, PPMI akan berusaha sekuat mungkin menyelesaikan permasalahan-permasalahan krusial yang sedang hangat saat ini. Terkait isu keamanan, asrama mahasiswa, mahasiswa terlantar dan hal-hal lainnya.

Misal tidak terpilih?

Saya akan berdiskusi dan tetap berkomunikasi dengan presiden dan wakil presiden terpilih, dan saya akan curahkan gagasan dan ide yang saya usung sebelumnya, dengan harapan bisa melengkapi ide dan gagasan yang telah dimiliki terlebih dahulu oleh pasangan terpilih sambal melihat dimana porsi yang mungkin bisa saya bantu.

Terakhir, kenapa Masisir harus memilih Anda?

Tidak ada keharusan memilih saya, semua bebas memilih.

Namun setidaknya keaktifan saya semenjak awal kedatangan di Mesir di PPMI bersama organisasi lainnya, telah memberikan gambaran kepada saya secara komprehensif terhadap jati diri PPMI, permaslahannya serta jalan keluarnya. Dan yang terpenting kemana PPMI Mesir itu harus dibawa.

Keaktifan saya sejak awal membuat saya telah berinteraksi dengan orang berbagai kalangan, sehingga saya bisa melihat dengan lebih luas apa yang diinginkan Masisir, bagaimana berkomunikasi dengan mereka. Kemampuan berkomunikasi oleh seorang pemimpin adalah syarat mutlak dalam kesuksesannya. Karena kemampuan berkomunikasi dengan baik adalah sebuah keharusan dalam komunitas manjemuk seperti ini.

Saya pun telah mencanangkan terobosan-terobosan yang belum pernah ada sebelumnya. Visi saya global bukan local. PPMI akan saya jadikan sebagai motor penggerak pemberdayaan Masisir dalam kancah nasional dan internasional. []Kru Informatika ORSAT ICMI Kairo



Tidak ada komentar:

Posting Komentar