Kolaborasi Keputrian Adakan Pelatihan Jurnalistik - Informatika Mesir

Breaking

Kamis, 16 Februari 2017

Kolaborasi Keputrian Adakan Pelatihan Jurnalistik

Informatika- Empat keputrian kekeluargaan (KPJ, KPMJB, KMB dan KKS) bekerja sama mengadakan seminar jurnalistik di Padepokan KMB, Zahro pada Senin (13/02).Acara yang berlangsung selama kurang lebih 4 jam ini diikuti oleh para masisirwati dari berbagai kekeluargaan.

Dalam acara ini, dua narasumber yang diundang adalah seorang jurnalis TV One, Pak Amran Wardhani dan Pak Aang Saeful Milah, kontributor Republika. Tidak hanya menjelaskan materi-materi dasar mengenai jurnalistik dan kepenulisan, keduanya juga berbagi pengalaman tentang lika-liku menjadi seorang penulis ataupun jurnalis.

Pak Amran yang juga alumni S1 universitas al-Azhar telah memulai karirnya sebagai jurnalis sejak tahun 2012 sampai saat ini. Berbeda halnya dengan Pak Aang, dirinya mulai mengirimkan tulisan-tulisan ke berbagai media sejak kelas 2 Aliyah.

Mar'atul Jamilah selaku ketua panitia mengatakan ingin  memperkenalkan sekaligus memancing minat dan bakat masisir khususnya dalam dunia Jurnalistik dan kepenulisan. "Adapun tujuan dari kerja sama kami (4 Keputrian kekeluargaan) ya untuk mempermudah pencarian minat dan bakat itu sendiri," tutur mahasiswi yang berasal dari Bogor ini. 

Seminar jurnalistik ini juga memicu semangat para masisirwati untuk berani menulis tanpa menghilangkan jati diri sebagai seorang muslimah. Para peserta yang hadir pun sangat antusias, terlihat dari banyaknya yang bertanya pada sesi tanya-jawab.

Mar'ah juga mengatakan ada harapan jangka panjang setelah adanya acara ini. Ia berharap para masisirwati bisa menyalurkan karya di bidang jurnalistik melalui sebuah wadah khusus. Hal senada diungkapkan oleh Pak Aang yang mengaku senang bisa berkontribusi dalam acara ini. Dirinya berharap semakin banyak masisirwati yang menjadi jurnalis ataupun penulis di masa yang akan datang. "Karena perempuan itu kan dibilang perasaannya halus, maka tulisan itu akan lebih mengena jika dilahirkan dari perasaan yang halus," jelasnya yang kini tengah merampungkan S3 di universitas Dual 'Arobiyah.  


Di akhir acara, Pak Amran menunjukkan kepada para peserta berbagai liputan yang pernah ia lakukan ketika bertugas,  juga menjelaskan secara singkat bagaimana mengambil gambar dari angle yang benar. Seminar pun ditutup dengan foto bersama dan pembagian sertifikat oleh panitia. (Hani Fathiya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar