Sekolah Layout I - Informatika Mesir

Breaking

Jumat, 25 November 2016

Sekolah Layout I

Kairo - Kamis, 24 November 2016.
Alhamdulillah Sekolah Layout Informatika yang telah kami adakan bagi para kru di kantor Icmi Orsat Kairo Wisma Nusantara berjalan dengan lancar.

Selain Sekolah Menulis yang biasa diadakan sebulan sekali ini. Kami pun mengadakan satu kelas dengan memberikan skill lain yang penting  dalam dunia kepenulisan dan Kejurnalistikan. Yaitu layout. Sebagaimana layout itu merupakan bagian penting akan terbitnya media cetak.

Maksudnya, tulisan tanpa penerbitan ibarat makan jeruk tanpa kupas kulit. Tulisan diterbitkan (dipublish) dalam bentuk media cetak maupun online. Yang struktur konten tulisan tersebut harus menjadi nyaman bagi pembaca. Skill itu tidak lain ialah kemampuan melayout. Atau seseorang yang bisa kerja di bidang ini dinamakan "Layouter".

Inti dari layout itu terdapat pada ketelitian tata letak konten media baik media cetak maupun E-book. Menjadikan struktur dan letak tulisan tersebut praktis, mudah, nyaman, dan tidak membingungkan bagi pembaca.

Kak Fawatih selaku mentor kelas layout ini memaparkan bagaimana cara melayout dengan baik kepada Kru Informatika. Software yang dipakai yaitu Microsoft Office Publisher. Ia memulai dengan tahap apabila kita (baca: layouter) ingin melayout dari awal atau halaman kosong. Dengan membuat beberapa kolom untuk diisi konten berupa tulisan, gambar, dan lain-lain pada halaman tersebut, merapikan, meratakan, dan menambahkannya merupakan skill dasar dalam melayout.

Kemudian kak Fawatih juga melanjutkan bahwa apabila seorang layouter yang biasa ingin melayout edisi rutinnya. Ia tidak perlu membuat dari awal atau halaman kosong. Cukup dengan membuka file layout sebelumnya yang sudah tertata rapi dan menggantikan konten-konten yang lama dengan konten-konten yang baru.

Maka dari itu, kemampuan melayout dalam dunia kejurnalistikan sangat diperlukan. Tidak hanya kemampuan menulis yang bersifat sebagai isi konten media. Tapi kemampuan layout juga perlu sebagai tata letak konten media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar